Share

Omicron 8 Kali Lebih Menular Ketimbang Delta, Sandiaga Minta Pelaku Perjalanan Luar Negeri Tertib Karantina

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 28 Desember 2021 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 28 406 2523517 omicron-8-kali-lebih-menular-ketimbang-delta-sandiaga-minta-pelaku-perjalanan-luar-negeri-tertib-karantina-MtnQuGIVwn.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Dok. Kemenparekraf)

KASUS Covid-19 varian Omicron semakin hari kian merebak. Varian ini dinilai lebih menular dibanding varian Delta. Namun demikian, tingkat keparahannya lebih rendah dibanding varian sebelumnya.

Terkait merebaknya varian Omicron, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menyebut sebagian besar Omicron dibawa oleh pelaku perjalanan luar negeri.

"Omicron per tadi malam sudah mencapai 46 orang. 44 di antaranya adalah pelaku perjalanan luar negeri," kata Sandi dalam Jumpa Pers Akhir Tahun, Senin, 27 Desember 2021.

Karenanya, Kemenparekraf beserta jajaran akab terus memantau pergerakan varian tersebut. Pasalnya, Sandiaga menyebut bahwa Omicron penularannya 7 sampai 8 kali lebih tinggi dari Delta.

Baca juga: Pastikan Kepatuhan Prokes, Sandiaga Tinjau Bandara Soekarno-Hatta Jelang Libur Nataru

"Ini kita monitor secara betul-betul dengan tingkat kewaspadaan dan kehati-hatian karena sudah terbukti Omicron itu penularannya 7 sampai 8 kali lebih tinggi dari Delta," jelasnya.

Karenanya, Sandiaga pun mengimbau agar pelaku perjalanan luar negeri tertib melakukan karantina. Juga, ia meminta agar siapa pun tidak melakukan perjalanan luar negeri kecuali dalam keadaan mendesak.

"Oleh karena itu karantina pelaku perjalanan luar negeri akan terus diberlakukan sampai periode Nataru selesai dan akan kita tinjau ulang lagi," tukasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini