Share

Kemenparekraf-APDESI Kolaborasi Gali Potensi Desa Wisata dan Kreatif

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 31 Desember 2021 01:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 30 406 2524672 kemenparekraf-apdesi-kolaborasi-gali-potensi-desa-wisata-dan-kreatif-m3Z8mEiiWn.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Dok. Kemenparekraf)

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berencana berkolaborasi dengan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPP APDESI) dalam upaya mengembangkan desa wisata dan desa kreatif.

Rencana kolaborasi ini sehingga dapat menjadikan Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat.

Selain itu, perekonomian desa wisata atau desa kreatif memiliki kecenderungan tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan non desa wisata. Melalui kegiatan wisata, desa wisata juga mampu memperbaiki kondisi sosial-ekonomi desa.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, desa wisata dan desa kreatif memiliki peran penting dalam membuka lapangan kerja, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga berdampak pada kebangkitan ekonomi nasional.

Baca juga: Kunjungan ke Desa Wisata Naik 30 Persen, Begini Reaksi Menparekraf Sandiaga Uno

Menparekraf Sandiaga Uno

"Desa wisata dan desa kreatif ini adalah pencipta lapangan kerja. Jadi penggeraknya adalah masyarakat desa, UMKM dan kewirausahaan-kewirausahaan setempat yang berkearifan lokal," katanya dalam keterangan resminya.

Guna memajukan desa wisata di Nusantara, Sandiaga mendorong agar APDESI memberi kesempatan bagi generasi-generasi muda di desa wisata dan desa kreatif dalam memperluas peluang ekonomi.

"Jadi saya ingin agar generasi muda diberi peluang agar bisa mengambil kesempatan untuk membuka peluang ekonomi, meningkatkan penghasilan," ujarnya.

Selain itu dirinya berharap desa-desa yang tergabung dalam APDESI dapat mengembangkan potensi agrowisata. Sehingga nantinya bahan-bahan pangan asal desa, dapat dikirimkan ke para pelaku ekonomi kreatif subsektor kuliner di perkotaan.

Sementara, Ketua DPP APDESI, Surtawijaya menuturkan, bahwa di desa membutuhkan support, baik dari sisi pendampingan maupun akses untuk mempromosikan desa-desa yang punya potensi wisata dan ekraf.

"Harapannya, kita bisa bersinergi dengan Kemenparekraf terkait hal ini," ucap Surtawijaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini