Share

Nahas Pesawat Jet Pribadi Hilang Kendali dan Jatuh, Semua Penumpang Tewas

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Jum'at 31 Desember 2021 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 30 406 2524817 nahas-pesawat-jet-pribadi-hilang-kendali-dan-jatuh-semua-penumpang-tewas-JYgXHHCMzj.jpg Ilustrasi pesawat (dok Freepik)

 JAKARTA - Sebuah jet pribadi membawa empat penumpang jatuh pada Senin malam (27/12/2021) di dekat San Diego, Amerika Serikat.

Melansir News.com.au, detik-detik jet itu jatuh terekam dalam audio, di mana jet itu kehilangan kendali dan menabrak jalan pinggiran kota, serta membuat ratusan rumah mengalami mati listrik. Insiden ini menewaskan semua penumpang di dalamnya.

Learjet 35A, sebuah jet bisnis bermesin ganda itu hancur karena benturan setelah jatuh di daerah Bostonia di El Cajon sekitar pukul 19.00 waktu setempat.

"Ada empat orang di pesawat yang hancur itu. FAA dan NTSB akan menyelidikinya. NTSB juga akan bertanggung jawab atas penyelidikan dan memberikan semua pembaruan. Tidak ada lembaga yang mengidentifikasi orang-orang yang terlibat dalam kecelakaan pesawat tersebut," ujar juru bicara Administrasi Penerbangan Federal Elizabeth Isham Cory.

infografis

Audio yang diunggah oleh theTimes of San Diego menangkap menit terakhir dari penerbangan itu ketika pengontrol lalu lintas udara mengizinkan pilot untuk mendarat di Runway 17. Dalam beberapa detik pilot terdengar berteriak, “Oh sial! Astaga!” dalam audio kontrol lalu lintas udara.

Pesawat tersebut terdaftar di Med Jet LLC dari El Cajon, sebuah perusahaan ambulans udara. Seorang penggemar pesawat yang dikendalikan radio mengunggah rekaman kamera Nest yang menunjukkan jet meledak dalam kilatan cahaya yang menyilaukan.

“Saya dan istri saya mendengar suara gemuruh yang keras, dan saya tahu ada yang tidak beres,” tulisnya dalam unggahan tersebut.

Adapun, Kepala Pemadam Kebakaran Don Butz mengatakan pesawat yang tersisa sangat sedikit, dan tak ada penumpang yang selamat.

Sementara seorang juru bicara Bandara John Wayne di Orange County mengonfirmasi bahwa jet itu lepas landas pada pukul 18.56 waktu setempat, tetapi tidak memiliki rincian tentang jumlah orang di dalamnya.

Nanci Watt berada di rumahnya yang berdekatan pada saat kecelakaan itu.

"Saya baru saja menyentuh lantai dan semuanya menjadi hitam," paparnya.

Watt kemudian menelepon suaminya, Ed, yang sedang bekerja, dan kemudian putranya di dekatnya.

“Saya tidak tahu apakah akan terjadi kebakaran besar dan kami harus mengungsi. Kami memiliki dua anjing,” tambahnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini