Share

Heboh Penangkapan Buaya, Wisata Danau Labuan Cermin Ditutup Sementara

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 30 Desember 2021 18:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 30 406 2525147 heboh-penangkapan-buaya-wisata-danau-labuan-cermin-ditutup-sementara-pDY6VGFUvd.jpg Ilustrasi buaya (Freepik)

SEEKOR buaya besar ditangkap warga di Danau Labuan Cermin, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Dinas Pariwisata memutuskan menutup sementara wisata Danau Labuan Cermin pasca-penangkapan buaya pada Rabu 29 Desember 2021.

Baca juga:  Pesona Labuan Cermin, Danau Cantik di Hutan Belantara Kalimantan

Penangkapan reptil tersebut sempat viral di media sosial, salah satunya diposting di Twitter @ochiettweets. Dalam foto yang bereder terlihat seekor buaya sepanjang 4,7 meter sudah diikat warga dan kepalanya ditutup kain. Buaya tersebut kemudian dievakuasi warga bersama TNI-Polri.

Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Timur, Sri Wahyuni mengatakan bahwa wisata Labuan Cermin ditutup sementara demi keamanan wisatawan.

ilustrasi

Danau Labuan Cermin (Instagram @aridianwulandr)

"(Labuan Cermin) ditutup sementara. Diperlukan penguatan SOP kunjungan dan pengelolaan di sekitar Danau Labuan Cermin, untuk menjamin kenyamanan dan keamanan pengunjung maupun petugas serta pihak-pihak terkait," kata Wahyuni saat dihubungi MNC Portal, Kamis (30/12/2021).

Baca juga:  Danau Dua Rasa, Wisata Berau yang Memikat

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Berau, Masrani mengatakan, buaya yang ditemukan di Danau Labuan Cermin hanya seekor. "Hanya satu ekor, kemarin sudah kami evakuasi," terangnya.

Masrani menduga buaya tersebut datang dari muara terdekat lalu masuk ke Danau Labuan Cermin yang terkenal dengan kejernihan airnya.

Menurutnya informasi penutupan sementara wisata Labuan Cermin sudah disebarkan ke masyarakat.

Danau Labuan Cermin menyajikan pemandangan alam indah. Telaga dengan air biru yang jernih bak kaca di kelilingi pepohonan hijau yang rindang merupakan destinasi liburan sempurna bagi wisatawan.

Bukan hanya indah di permukaan, danau ini juga memiliki panorama keren di bawahnya. Bisa snorkeling seru di sana.

 ilustrasi

Uniknya lagi air Danau Labuan Cermin punya dua rasa. Pada 1-5 meter airnya tawar. Sedangkan di kedalaman 5 meter ke bawah justru asin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini