Share

7 Destinasi Wisata Alam di Sukabumi Cocok Buat Liburan Tahun Baru 2022

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 31 Desember 2021 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 30 408 2525230 7-destinasi-wisata-alam-di-sukabumi-cocok-buat-liburan-tahun-baru-2022-uutrO8bpNF.JPG Lembah Purba di Situ Gunung, Sukabumi (Instagram @ulfawidyaaa)

LIBURAN Tahun Baru 2022 asyiknya menikmati wisata alam, apalagi kondisi lagi pandemi COVID-19. Berwisata di alam terbuka tentu lebih leluasa menjaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan, sehingga bisa terhindari dari penularan virus.

Sukabumi bisa menjadi tujuan buat wisata tahun baru. Kabupaten di Jawa Barat itu membuka kembali pariwisata dengan prokes ketat.

Sukabumi memiliki pemandangan asri dan udaranya sejuk. Sukabumi jadi pilihan beberapa wisatawan untuk healing atau rehat sejenak dari hiruk-pikuk ibu kota.

 Baca juga: Indahnya Sungai Upang, Wisata Alam Berbasis Konservasi Flora-Fauna di Bangka

Anda bisa mengeksplore wisata alam di wilayah tataran Sunda ini, karena pemandangannya akan memanjakan sejauh mata memandang.

Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, Sukabumi bisa jadi salah satu kawasan alternatif untuk liburan atau sekadar menyegrakan kepenatan di tengah-tengah aktivitas.

Dari sekian banyak tempat menarik yang bisa dijelajahi, nah berikut ini Tujuh destinasi wisata alam favorit di Sukabumi patut disambangi. Apa saja?

Situ Gunung Suspension Bridge

Salah satu tempat wisata alam di Sukabumi paling populer saat ini adalah Situ Gunung Suspension Bridge. Jembatan gantung ini menjadi yang terpanjang di Asia Tenggara, lokasinya di tengah-tengah hutan, tepatnya di area Situ Gunung. membentang sepanjang 243 meter, lebar 1,8 meter dan ketinggian 121 meter tentunya akan sedikit menguji adrenalin Anda.

 ilustrasi

Meski demikian, jembatan ini sudah teruji keamanan dan kenyamanannya. Para wisatawan akan disuguhi pemandangan hijau hutan yang masih asri, udara sejuk, kicauan burung dan menariknya lagi sesekali akan menemui lutung atau kera sebagai penghuni asli hutan tersebut.

 Baca juga: 15 Wisata Alam di Sulawesi Selatan, Permata Tersembunyi yang Pesonanya Sungguh Menakjubkan

Bukan hanya jembatan saja, di area tersebut juga tidak jauh dari situ atau danau, Curug Sawer yang akan semakin memperlengkap perjalanan pelancong. Lokasinya berada di Gede Pangrango, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Lembah Purba

Lembah Purba ini bagian dari destinasi wisata yang cukup banyak diminati oleh wisatawan. Namun untuk menuju tempat ini, Anda harus menempuh jarak yang cukup menantang.

Dikutip dari akun Instagram @situgunungeuspensionbridge, untuk menuju Lembah Purba kurang lebih 1 jam dari pintu gerbang jembatan utama situgunung Suspension bridge, tapi sebelum berangkat pastikan Anda menggunakan safety belt untuk keamanan selama berwisata, dan diwajibkan ditemani dengan guidenya nih.

Setelah berjalan dan menyusuri sekian banyak jembatan, kemudian Anda akan melewati jembatan setapak yang dimana bisa memacu adrenalin kalian selama perjalanan.

 

Menariknya lagi, selama perjalanan kalian akan dikenalkan dengan tumbuhan-tumbuhan khas situgunung oleh guidenya. Kemudian setelah badan terasa lunglai dan letih lesu, maka akan terbayarkan karena langsung melihat indahnya curug kembar lembah purba.

Curug kembar atau Lembah Purba ini diapit oleh tebing tebing tinggi. Pemandangan di sekitarnya sangat memesona, udaranya sejuk, Anda tidak akan merasa membuang waktu ketika sampai ke tempat cantik ini. Tapi Anda harus hati-hati, karena jalannya sedikit licin.

Nah, lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Jika dari Jakarta hanya membutuhkan wak kurang lebih 3-4 jam perjalanan dengan kendaraan roda dua.

Wisata Bukit Baros

Selanjutnya adalah wisata Bukit Baros yang saat ini jadi destinasi menarik dan favorit bagi wisatawan. Terletak di tengah-tengah hutan pinus, rerumputan hijau, serta tak kalah menarik adalah payung-payung kecil warna warni menghiasi setiap langit-langit di hutan ini.

Selain payung warna warni, terdapat juga spot-spot menarik yang bisa para pengunjung bisa selfie atau berswafoto di sini.

Bukan hanya itu saja, di wisata Bukit Baros juga tersedia kafe-kafe, ruang ramah anak, dan fasilitas umum lainnya. Lokasinya berada di Kampung Cihuis, Sasagaran, Kebon Pedes, Sukabumi Regency, Jawa Barat.

 ilustrasi

Karang Numpang

Terakhir adalah Karang Numpang yang merupakan salah satu bukit tinggi di Sukabumi, dan menawarkan pemandangan indah nan memesona. Tempat ini juga jadi salah satu destinasi wisata populer di Kota Sukabumi.

Di sini para pelancong akan melihat wilayah Sukabumi dari atas bukit. Pemandangannya benar-benar akan memanjakan mat. Biasanya wargi Sukabumi mengunjungi tempat ini saat akhir pekan, atau ketika liburan tiba.

Lokasinya berada di Kampung Legoknyenang, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Sukabumi. Untuk memasuki kawasan ini pengunjung hanya cukup membayar tiket Rp 5000 saja.

Goa Walet

Berlokasi di Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi. Kawasan ini berbatasan dengan Pantai Ujung Genteng dan Pantai Muara Karang yang masih dalam Kawai pantai selatan.

Seperti namanya, pantai ini memiliki goa yang letaknya persis di bibir pantai. Di sekitarnya juga terdapat bebatuan karang besar, yang berfungsi sebagai pemecah ombak.

Selain itu di dalam goa tersebut kerap disinggahi oleh burung walet atau walat. Biasanya air liur burung ini digunakan untuk pengobatan, karena memiliki banyak kandungan yang bermanfaat.

Uniknya lagi di Pantai Goa Walet ini terdapat batuan karang berbentuk kerucut, terletak di sekitar goa dinamakan Karang Gantung. Tak sampai di situ saja, pasir di pantai ini juga putih dan bersih, cocok bagi Anda yang ingin mencari suasana asri dan bersantai di pinggir pantai.

Curug Cimarinjung

Berlokasi di Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Curug atau air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, udaranya pun cukup sejuk.

Tingginya lebih dari 50 meter. Oleh masyarakat sekitar, curug ini lebih dikenal dengan Curug Goong. Pasalnya, menurut masyarakat pada hari-hari tertentu terdengar suara gong dari curug ini.

Sementara itu, dikutip dari akun TikTok @Mistersuu, dalam unggahan videonya itu memperlihatkan, suasana Curug Cimarinjung mirip dengan lokasi Jurassic Park.

Di sekitar air terjun terdapat bebatuan tinggi, serta dikelilingi oleh tebing. Serta airnya langsung mengalir ke area pesawahan di sekitarnya.

Batunya adalah batuan sedimen berjenis batu pasir tufan dan breksi. Di atasnya di aliran yang sama ada Curug Nyelempet dan Curug Dogdog. Ketiganya terbentuk karena proses tektonik.

Curug ini cukup mudah ditemukan, bahkan Anda bisa melihat keindahannya dari jalan raya. Kemudian, pemandangan hamparan sawah juga semakin mempercantik kawasan wisata alam ini.

 ilustrasi

Pemandian Air Panas Cisolok

Nah setelah puas menjelajahi pegunungan dan perbukitan, Anda bisa beralih ke Cisolok Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi untuk berendam air panas yang berasal dari aliran alamiah.

Pelabuhan Ratu tidak hanya terkenal dengan pantai-pantainya saja, namun juga pemandian air panasnya. Pemandian air panas tersebut terletak di Kecamatan Cisolok atau berjarak sekitar 20 kilometer dari Pusat kota Pelabuhan Ratu.

Di sini tersedia sekitar lima kolam air panas yang bisa Anda gunakan. Selain itu Anda juga bisa terapi dengan menggunakan air panas yang tersedia. Menariknya lagi, selain berendam di kolam renang, Anda juga dapat bermain di sungai yang dialiri air panas disertai dengan pemandangan sekitar yang masih ditumbuhi pepohonan hijau dan rindang.

Oh iya, jika beruntung Anda akan melihat monyet atau kera yang merupakan hewan penghuni hutan di sekitar hutan Cisolok. Harga tiketnya pun cukup terjangkau, yakni kisaran Rp5,000 hingga Rp10,000 per orangnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini