Share

Tradisi Bunyikan Lonceng 108 Kali Saat Malam Tahun Baru di Jepang

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 01 Januari 2022 05:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 31 406 2525334 tradisi-bunyikan-lonceng-108-kali-saat-malam-tahun-baru-di-jepang-LBoFhh9D9c.jpg Ilustrasi Tahun Baru 2022 (Freepik)

JAKARTA - Setiap daerah memiliki tradisi khas masing-masing untuk merayakan malam tahun baru. Seperti halnya Jepang memiliki tradisi unik membunyikan lonceng 108 kali.

Melansir Matcha, tradisi ini bernama Jyoya no Kane. Secara harfiah, Jyoya berarti pergantian malam, sedangkan Kane artinya lonceng.

Jadi, Jyoya No Kane adalah lonceng di kuil yang dibunyikan pada saat malam pergantian tahun baru (dibunyikan pukul 00.00 waktu setempat), sebagai penanda bahwa hari telah berganti.

Keunikan tradisi ini yakni lonceng akan dibunyikan sebanyak 107 kali saat malam tahun baru.

Lalu, lonceng tersebut akan dibunyikan sekali lagi ketika sudah memasuki tahun baru, sehingga jumlah keseluruhan bunyi lonceng tersebut adalah 108 kali.

Baca Juga:

Tahun Baru 2022, Intip 4 Tradisi Barbekyu di Belahan Dunia

Geger Wajah Kambing Ini Mirip dengan Manusia, Ini Penjelasan Pemiliknya

Angka 108 merupakan banyaknya jumlah penderitaan dan rintangan yang akan dialami manusia dalam kehidupan, berdasarakan ajaran Buddha.

Untuk itu, agar terbebas dari kesedihan dan penderitaan selama satu tahun ini, lonceng dibunyikan 107 kali sebelum pukul 00.00 waktu setempat.

Selanjutnya, dibunyikan 1 kali lagi saat telah memasuki tahun baru, dengan harapan semoga dalam tahun baru ini tidak akan ada penderitaan yang datang.

Lonceng itu biasanya dibunyikan di kuil-kuil seluruh penjuru Jepang saat malam tahun baru tiba.

Kuil-kuil tersebut akan mulai membunyikan lonceng mulai pukul 23.00 waktu setempat, bergantung kebijakan kuil.

Di Jepang, terdapat beberapa kuil yang bisa dikunjungi wisatawan untuk melihat tradisi unik ini. Seperti di kuil Todai-ji, di Nara, dan Chion-in, di Kyoto, terdapat lonceng yang begitu besar, sehingga dibutuhkan 17 orang pendeta Buddha untuk membunyikannya secara bersamaan agar bisa berbunyi.

Ada juga kuil yang memperbolehkan pengunjungnya untuk membunyikan lonceng satu kali per orang sambil berdoa.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini