Share

Tahun Baru 2022, Lonceng Big Ben London Dibunyikan Pertama Kali dalam 5 Tahun

Syarifudin, Jurnalis · Minggu 02 Januari 2022 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 02 406 2526150 tahun-baru-2022-lonceng-big-ben-london-dibunyikan-pertama-kali-dalam-5-tahun-YrufEyan0a.jpg Lonceng Big Ben di London (dok Freepik)

JAKARTA - Lonceng Big Ben berdentang pada Tahun Baru 2022 saat jalanan ibu kota Inggris sepi. Ini pertama kali lonceng itu berbunyi sejak 2016.

Big Ben adalah lonceng besar yang berbunyi setiap jam di menara jam Gedung Parlemen. Terakhir kali Big Ben membunyikan dua belas 'bong' adalah saat Malam Tahun Baru pada malam terakhir 2016.

Sudah sunyi sejak renovasi menara dan jam besarnya dimulai pada Agustus 2017. Namun sekarang pekerjaan selesai dan perancah pada struktur setinggi 96 meter sedang diturunkan.

Baca Juga:

Heboh Penampakan Hantu Noni Belanda, Curhat Ingin Punya Anak Tuyul

Benarkah Penumpang Pesawat Lebih Berisiko Tertular Omicron? Ini Penjelasan Ahli

Namun perayaan Malam Tahun Baru massal yang biasa digelar di sekitar Trafalgar Square dan Lapangan Parlemen tidak terlihat tahun ini, sekali lagi karena pandemi COVID-19.

Walikota London Sadiq Khan dari Partai Buruh mengumumkan pekan lalu bahwa acara khusus untuk 6.500 pekerja penting dan anggota masyarakat akan dibatalkan karena kekhawatiran varian virus Omicron baru.

"Ini akan sangat mengecewakan bagi banyak warga London. Tetapi kita harus mengambil langkah yang tepat untuk mengurangi penyebaran virus," ujar Khan.

Khan adalah salah satu dari beberapa pemimpin regional dari partai-partai oposisi yang memerintahkan klub malam ditutup dan penerapan pembatasan minum di pub selama musim perayaan.

Kebijakan ini sebagai tanggapan terhadap varian virus corona yang lebih cepat menular sekaligus jauh lebih mematikan. Tetapi hanya beberapa jam sebelum tengah malam, walikota London itu mengalah pada perintahnya untuk membatalkan pertunjukan kembang api tahunan di Thames oleh Parlemen.

Dia memberikan lampu hijau untuk pertunjukan yang hanya ditayangkan di televise, yang katanya akan menunjukkan "yang terbaik dari kota kita". Namun, dia mendesak warga London menjauh dari pusat kota dan menikmati tahun baru dengan "cara yang masuk akal dan hati-hati" dengan tinggal di rumah dan menontonnya di televisi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini