Share

Ini Sederet Langkah yang Dilakukan Pilot Bila Penerbangan Alami Bird Strike

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 03 Januari 2022 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 03 406 2526499 ini-sederet-langkah-yang-dilakukan-pilot-bila-penerbangan-alami-bird-strike-BXS9O41ytN.jpg Ilustrasi pilot (dok Freepik)

JAKARTA - Bird strike merupakan tabrakan antara burung dan pesawat yang seringkali terjadi. Kondisi ini bisa mengancam keselamatan penerbangan dan bisa menyebabkan gangguan penerbangan.

Di beberapa kasus, bird strike merenggut nyawa penumpang pesawat.

Lantas apa langkah yang dilakukan pilot bila penerbangan mengalami bird strike?

Melansir laman resmi Boeing, tindakan pertama pilot biasanya terbangkan pesawat dan pertahankan kontrol jalur pesawat. Kemudian, pilot juga memantau penerbangan dan instrumen mesin. Bila terjadi beberapa kegagalan pada mesin atau pada mesin pendorong pesawat, pilot harus mencoba kembali menyalakan mesin.

infografis

Selain itu, jika terjadi kerusakan mesin yang parah pada pesawat, mesin harus dimatikan sesuai prosedur penerbangan.

Bila terjadi getaran mesin yang kuat usai mengalami bird strike, pilot diharuskan mengurangi dorongan pesawat untuk mengurangi getaran.

Baca Juga:

Cerita Misteri Telaga Ranjeng di Brebes, Wisatawan Jangan Pernah Ambil Ikan Sembarangan

Dear Traveler, Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup Sampai 31 Januari 2022

Bahkan, pilot juga bisa meminta untuk kembali ke bandara atau mendarat di bandara terdekat jika beberapa mesin rusak dan terdapat indikasi mesin bekerja secara tidak wajar.

Bila pilot mengetahui atau menduga pesawatnya terkena bird strike namun indikator mesin tetap normal, maka pilot bisa mempertimbangkan untuk kembali ke bandara atau mendarat di bandara terdekat.

Mereka juga bisa kembali mengevaluasi keputusan untuk melanjutkan penerbangan dengan menggunakan standar kinerja operasional twin-engine twin-range, dengan operasi jangkauan yang diperluas atau penerbangan overwater. Karena kerusakan mesin atau penurunan kinerja mesin dapat terjadi dalam penerbangan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Pilot harus menjaga atau juga bisa mengurangi kecepatan pesawat bila mereka merasa ada kerusakan pada mesin yang bisa mempengaruhi kinerja pesawat. Mempercepat kecepatan pesawat hanya boleh dilakukan bila diperlukan untuk keselamatan penerbangan atau untuk mempertahakan kontrol jalur penerbangan.

Jika bird strike yang terjadi mengakibatkan kaca depan pesawat rusak, bila kejadian tersebut terjadi dibawa 10.000 kaki, maka pilot harus menghentikan proses take off dan terbang rendah. Sementara bila kejadian terjadi di atas 10.000 kaki, pilot harus menurunkan pesawat hingga 10.000 kaki atau terbang pada ketinggian aman.

Bird strike biasanya terjadi saat pesawat akan take off (lepas landas) atau landing (mendarat). Apabila bird strike terjadi saat akan landing, jika pilot yakin bisa mendaratkan pesawat dengan aman maka mereka bisa mengambil opsi tersebut.

Meski demikian, jika tidak yakin karena ada kerumunan burung, pilot bisa bertahan terlebih dulu di udara sambil menunggu burung-burung pergi.

Ketika sudah mendarat, pilot harus melaporkan kejadian bird strike yang dialaminya kepada pihak terkait sesuai prosedur yang ada.

Tak hanya sesudah terkena bird strike, bila pilot menemukan adanya aktivitas burung yang dianggap mengganggu penerbangan di sekitar bandara, hal tersebut juga harus dilaporkan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini