Share

Hiii..Angkernya Rumah Dinas PM Jepang, Saksi Bisu Pembunuhan hingga Kudeta Militer

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 03 Januari 2022 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 03 406 2526550 hiii-angkernya-rumah-dinas-pm-jepang-saksi-bisu-pembunuhan-hingga-kudeta-militer-SuFvssMe0x.jpg Rumah Dinas PM Jepang (dok Samayam Tamil)

JAKARTA - Perdana Menteri Jepang yang baru, Fumio Kishida, mengambil langkah berani untuk menempati rumah dinas. Dua pendahulunya Shinzo Abe dan Yoshihide Suga, ogah tinggal kediaman resmi lantaran rumah di pusat kota Tokyo itu konon berhantu.

Meski demikian, Kishida mengaku tak merasakan keseraman rumah tersebut.

Bahkan, ia bisa tidur nyenyak saat malam.

"Kemarin saya tidur begitu pulas. Saya tidak melihat apa-apa," ujar Kishida dikutip dari AFP.

infografis

Baca Juga:

Apes Banget, Oleh-oleh Puluhan Juta Rupiah di Koper Berubah Jadi Makanan Anjing

3 Pengakuan Pramugari Jet Pribadi, Hidup Mewah hingga Jadi Selingkuhan Miliuner

Lantas seperti apa angkernya rumah dinas PM Jepang itu?

Melansir Virtual Globe, rumah dinas PM Jepang itu terdiri dari bangunan 2 lantai seluas 5.183 meter persegi. Bangunan ini dinamai Sri Daijin Kantei atau disebut Kantei saja.

Rumah besar perdana menteri terletak di area Nagatacho, Chiyoda-ku, Tokyo. Bangunan bergaya art deco ini diresmikan pada 1929.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Kantei diniatkan sebagai simbol berkembangnya Jepang pada era awal modernisme abad 20. Berdasarkan laporan NDTV, bangunan ini direnovasi pada 2005. Ketika renovasi, seorang pendeta Shinto didatangkan untuk mengusir roh jahat.

Kantei tidak didiami perdana menteri sejak 2012. Tetapi, biaya perawatannya mencapai sekitar 160 juta yen per tahun.

Mantan perdana menteri Jepang, Yoshiro Mori mengaku, ia sempat melihat hantu di kediaman itu. Hal tersebut diutarakan Mori kepada Abe sebagaimana diwartakan suratkabar Sankei.

Rumah dinas PM Jepang merupakan saksi bisu upaya kudeta pada 1936. Sejumlah pejabat pemerintahan saat itu termasuk Menkeu dibunuh oleh seorang anggota militer.

Sebelumnya, Kantei pernah menjadi lokasi pembunuhan pada 1932 silam. Perdana Menteri Inukai Tsuyoshi dibunuh seorang perwira Angkatan Laut Jepang di sana.

Kini, Kantei telah direnovasi dan pemerintah Jepang dilaporkan menghabiskan dana 8,6 juta yen untuk perbaikan rumah. Kishida pun berniat memanfaatkan fasilitas ini.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini