Share

Viral Wisata Balon Udara, Menteri Sandiaga: Tidak Perlu ke Luar Negeri, Indonesia Juga Punya!

Senin 03 Januari 2022 15:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 03 406 2526769 viral-wisata-balon-udara-menteri-sandiaga-tidak-perlu-ke-luar-negeri-indonesia-juga-punya-hHg2ZZ08Wp.jpg Ilustrasi Wisata Balon Udara (dok iStock)

JAKARTA -  Wisata balon udara Cappadocia, Turki, ramai dibahas di media sosial efek serial Layangan Putus. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pun angkat bicara mengenai tren tersebut.

Sandi menilai, wisata balon udara memang sesuatu yang momerabel. Terlebih jika kamu menikmati layanan wisata tersebut bersama orang tersayang, tentu akan semakin menambah indah momen liburan kalian.

"(Naik balon udara, red) itu super fantastic! Saya juga pernah naik di Luxor, Mesir, dan di beberapa wilayah lainnya. Sensasinya benar-benar susah dilupakan," papar Sandiaga Uno, saat Weekly Press Briefing, Senin (3/1/2022).

Namun, kata Sandi, saat ini kamu  tidak perlu jauh-jauh untuk bisa menikmati sensasi naik balon udara. Sebab, Indonesia sudah punya di beberapa lokasi dan semuanya menarik untuk dijajal bersama orang tersayang.

infografis

Baca Juga:

Waduh, 2 Awak Pesawat Dipecat Gara-gara Langgar Aturan Covid-19

3 Pengakuan Pramugari Jet Pribadi, Hidup Mewah hingga Jadi Selingkuhan Miliuner : Okezone Travel

"Indonesia sudah punya balon udara, jadi enggak perlu lagi ke luar negeri. Kalau mau naik balon udara, Anda bisa mengunjungi Ubud di Bali, ada juga di Bandung, Jawa Barat, bahkan di Bromo," ujar Sandi.

Bahkan, ke depannya wisata balon udara, sambung Mas Menteri, tidak menutup kemungkinan akan dihadirkan juga di 5 destinasi super prioritas, baik itu di Danau Toba maupun di Danau Maninjau yang punya view tak kalah fantastis.

"Menurut kami, wisata balon udara ini adalah peluang usaha yang sangat sehat untuk bisa membangkitkan ekonomi bangsa serta membuka lapangan pekerjaan," tambah Sandi.

Sebagai tindak lanjut, tentu diperlukan semacam aturan untuk memastikan wisata balon udara ini tak kalah berkualitasnya dengan yang ada di luar negeri, termasuk soal keamanannya. Ya, faktor angin, cuaca, dan lainnya harus benar-benar diperhatikan.

"Pengemudi balon udara harus sekelas dengan pilot. Kami juga memastikan dijalankannya CHSE dan safety di setiap lokasi balon udara," ungkap Sandi.


Ia menambahkan, Kemenparekraf juga bakal lengkapi wisata balon udara ini dengan sertifikat untuk pengunjung. Jadi, selain bisa merasakan sensasi tak terlupakan naik balon udara, pengunjung juga pulang bawa sertifikat berisi pernyataan sudah pernah naik balon udara dengan ketinggian berapa, menggunakan balon udara apa.

"Ini bisa meningkatkan kebangkitan ekonomi Indonesia, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," pungkas Sandi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini