Share

Status Pandemi Diperpanjang, Gimana Nasib Pariwisata Indonesia? Ini Kata Sandiaga

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 03 Januari 2022 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 03 406 2526788 status-pandemi-diperpanjang-gimana-nasib-pariwisata-indonesia-ini-kata-sandiaga-6umSqq2rrR.jpg Menparekraf Sandiaga Uno (Kemenparekraf)

PRESIDEN Joko Widodo resmi memperpanjang status pandemi COVID-19 melalui Keppres Nomor 24 Tahun 2021. Apakah kebijakan tersebut berdampak besar pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pada 2022?

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjelaskan, ini sudah diantisipasi dan keputusan Presiden untuk memperpanjang status pandemi ini seiring dengan berkembangnya kasus Omnicron, juga ada potensi gelombang-gelombang pandemi selanjutnya.

 Baca juga: Viral Wisata Balon Udara, Menteri Sandiaga: Tidak Perlu ke Luar Negeri, Indonesia Juga Punya!

"Perpanjangan status pandemi ini sejalan juga dengan upaya kami meningkatkan kepatuhan akan protokol kesehatan di tengah-tengah pandemi dan pembatasan-pembatasan yang terus disesuaikan dengan keadaan pandemi terkini," papar Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing, Senin (3/1/2022).

 

Menindaklanjuti keputusan Presiden ini, Sandiaga juga akan menerbitkan surat edaran sesuai dengan perubahan yang dilakukan sesuai acuan Instruksi Menteri Dalam Negeri khususnya untuk sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, khususnya untuk kebangkitan ekonomi Indonesia.

"Jadi, kami akan menerbitkan surat edaran sesuai dengan perubahan yang dilakukan sesuai Inmendagri untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Ini diharapkan bisa membangkitkan ekonomi Indonesia secara khusus," papar Sandiaga.

 Baca juga: Kaleidoskop 2021: Jatuh Bangun Pariwisata Imbas PPKM

Sebelumnya, Presiden Jokowi menekan Keppres Nomor 24 Tahun 2021 yang menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 yang merupakan global pandemic sesuai pernyataan Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara faktual masih terjadi dan belum berakhir di Indonesia.

Salah satu pertimbangan Jokowi adalah pandemi dan penyebaran Covid-19 berdampak terhadap berbagai aspek, termasuk kesehatan, ekonomi, sosial yang luas di Indonesia.

(sal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini