Share

Mengenal Festival Ehomaki, Makan Sushi Tebal Berisi 7 Bahan yang Bawa Hoki

Nindi Widya Wati, Jurnalis · Selasa 04 Januari 2022 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 03 406 2526837 mengenal-festival-ehomaki-makan-sushi-tebal-berisi-7-bahan-yang-bawa-hoki-S792mqptZV.jpg Sushi Ehomaki (Getty Images via savvytokyo.com)

MENGENAL keseruan festival Ehomaki. Jepang memang terkenal dengan beragam warisan kebudayaan yang menarik. Termasuk yang paling tersohor adalah tradisi menyantap makanan atau biasa disebut 'Ehomaki'.

Mengutip dari dari fun-japan, masyarakat setempat percaya dengan melakukan tradisi Ehomaki sembari menghadap ke arah 恵方atau Eho, maka harapan akan terkabul. Arah tersebut mengandung arti kebahagiaan, dianggap sebagai arah terbaik keberadaan dewa bernama Toshitokujin yang mengontrol kebahagiaan.

 Baca juga: Tradisi Bunyikan Lonceng 108 Kali Saat Malam Tahun Baru di Jepang

Karena arahnya berubah setiap tahun, konon dengan memakan ehomakiatau roll sushi tanpa memotongnya dengan mengarah ke arah eho, dipercaya bahagia akan terus berlanjut tanpa bertepi.

Namun, keberuntungan akan hilang jika makan sembari berbicara. Jadi, pilihan yang tepat ketika Ehomaki lebih baik makan dengan diam dan tenang.

Isi Ehomaki

Ehomaki memiliki isian berbagai macam, pada dasarnya terdapat 7 bahan. Angka tujuh sendiri berarti tujuh harta, dan tujuh dewa dari Tujuh Dewa Keberuntungan diperlakukan sebagai jimat keberuntungan.

Maka, ketika menggulung tujuh macam bahan itu dengan rumput laut, mengandung arti harapan akan terlibatnya kebahagiaan dalam kehidupan. Ketujuh barang tersebut di antaranya sebagai berikut.

1. Jamur Shiitake

Sejak zaman kuno, jamur shiitake menjadi persembahan untuk Dewa. Serta memiliki arti lain karena bentuknya menyerupai payung atau jinkasa, yang berarti pelindung.

 Baca juga: Teke Teke, Hantu Wanita Korban Kecelakaan Kereta Api yang Tubuhnya Terbelah Dua

2. Belut (Unagi)

Memiliki arti seperti kemajuan dan kebangkitan. Disebut juga bahwa angka panjang melambangkan umur panjang.

3. Kanpyo

Berbentuk ramping dan panjang, mengandung arti keinginan untuk 'hidup lebih lama'.

4. Udang

Hewan satu itu dianggap sebagai simbol umur panjang yang sehat.

5. Datemaki (Telur gulung tebal)

Karena warnanya yang kuning, digunakan sebagai sumber kekayaan dan rejeki.

6. Sakura Denpu

Berwujud ikan putih seperti ikan air tawar yang dihaluskan dan diberi warna merah muda. Ikan air tawar diyakini sebagai jimat keberuntungan dengan kata 'bahagia', dan warna merah jambu menunjukkan keindahannya.

 ilustrasi

7. Mentimun (Kyuri)

Mengandung arti 9 manfaat karena dari ucapan [9つの利/kyuu no ri:"sembilan manfaat].

Perayaan tradisi Ehomaki setiap tanggal di 'hari sebelum dimulainya musim semi' negara Jepang. Tahun 2022 musim semi di Jepang dimulai pada 21 Maret loh. Tertarik untuk ikut memeriahkan acara festival makan sushi super tebal ini?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini