Share

Asyik! Wanita Arab Saudi Kini Bisa Kendarai Kereta Cepat Haramain

Salman Mardira, Jurnalis · Selasa 04 Januari 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 03 406 2526923 asyik-wanita-arab-saudi-kini-bisa-kendarai-kereta-cepat-haramain-Hz5cI34IwS.jpg Wanita Arab Saudi bisa jadi masinis kereta cepat Haramain (Twitter @SRP-KSA via Arab News)

WANITA Arab Saudi kini bisa mewujudkan impiannya jadi masinis kereta cepat Haramain. Mereka sudah diberi kesempatan bekerja bersama mitra laki-laki jadi pengendara kereta ekspres tersebut.

Haramain merupakan layanan transportasi berkecepatan tinggi yang menghubungkan kota suci Makkah dan Madinah, dan diperkirakan akan mengangkut hingga 60 juta penumpang per tahun.

 Baca juga: Stasiun Sulaymaniyah Kembali Layani Kereta Cepat Haramain Makkah-Madinah

Melansir dari Arab News, Selasa (4/1/2022), Politeknik Kereta Api Saudi sudah membuka pendaftaran bagi wanita Saudi untuk berlatih dalam program Pemimpin Kereta Ekspres Haramain mulai Minggu lalu.

Perempuan yang lulus dari program tersebut akan bekerja sama dengan rekan laki-laki yang telah lulus dari program sebelumnya.

 

Pendaftaran untuk program yang berlangsung selama satu tahun itu dan memastikan posisi di Renfe KSA — salah satu perusahaan yang mengoperasikan proyek kereta api berkecepatan tinggi — dibuka hingga 13 Januari 2021 melalui situs web politeknik.

Baca juga: Angkernya Rumah Jin di Makkah, Hendak Dibongkar Alat Beratnya Malah Jungkir Balik

Abdul Aziz Al-Sugair, Manajer Umum SRP, mengatakan program pelatihan akan dimulai pada 15 Februari 2021 di Jeddah, dan termasuk pelatihan praktis di lokasi kerja yang terkait dengan proyek kereta api.

Wanita Saudi akan membantu memenuhi kebutuhan pengemudi yang lebih berkualitas menyusul tingginya permintaan untuk layanan Haramain, tambahnya.

Peserta akan menerima bonus bulanan SR4,000 (sekira Rp15 juta) selama masa pelatihan, dan akan didaftarkan dalam skema asuransi sosial sebagai karyawan yang sedang menjalani pelatihan.

 ilustrasi

Setelah lulus, wanita akan menerima gaji bulanan hingga SR8,000 atau sekira Rp30 juta.

“Putri Tanah Air merupakan komponen penting dalam jalinan bakat-bakat muda bangsa yang layak dilokalisasi, karena mereka akan berkontribusi bagi kemajuan industri perkeretaapian dan keberlanjutannya. Keunggulan mereka juga akan berkontribusi pada peningkatan efisiensi dan kualitas layanan, dan mencapai Visi Kerajaan 2030 dengan mengubah Arab Saudi menjadi pusat logistik global,” kata Al-Sugair.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini