Share

Wow, Okupansi Hotel Berbintang di Malang Tertinggi se-Indonesia

Avirista Midaada, Jurnalis · Rabu 05 Januari 2022 01:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 406 2527032 wow-okupansi-hotel-berbintang-di-malang-tertinggi-se-indonesia-aoqiFsHYH4.JPG Kamar hotel berbintang di Malang, Jawa Timur (Foto: MPI/Avirista Midaada)

BADAN Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat penghunian kamar (TPK) atau okupansi hotel di Kota Malang melebihi rata-rata Jawa Timur dan nasional.

Hal ini berdasarkan catatan perhitungan BPS Kota Malang selama bulan November 2021 sebesar 53,37 persen.

Ketua Tim Statistik Distribusi BPS Kota Malang, Dwi Handayani Prasetyowati menyatakan, ada sebanyak 53 - 54 kamar terisi per 100 kamar yang tersedia atau sebesar 53,37 persen setiap harinya.

"Dari 100 kamar hotel berbintang yang tersedia di Kota Malang, rata-rata ada 53-54 kamar yang terisi setiap harinya," ucap Dwi, saat menyampaikan rilis secara virtual.

Dengan TPK tersebut menempatkan hotel-hotel berbintang di Malang menjadi yang tertinggi melampaui rata-rata Jawa Timur sebesar 52,82 persen dan Indonesia yang sebesar 47,83 persen.

Baca juga: Viral Wanita Ditagih Sewa Penginapan Rp97 Juta, Alasannya Bikin Jengkel

Pencatatan tingkat penghunian kamar tersebut, baru dilakukan oleh BPS, untuk hotel-hotel berbintang di wilayah Kota Malang. Namun pihaknya menegaskan, perhitungan TPK tersebut belum mencakup hotel-hotel kecil yang ada.

"Dari sana diperoleh untuk TPK hotel berbintang di Kota Malang, lebih tinggi dibanding Jawa Timur dan Indonesia," ujarnya.

Ia menambahkan, sementara untuk rata-rata lama menginap tamu hotel berbintang di Kota Malang, pada periode tersebut tercatat 1,29 hari. Hal itu berarti secara rata-rata, tamu menghabiskan waktu menginap di hotel berbintang di Kota Malang selama 1-2 hari.

"Secara rata-rata tamu yang menginap selama 1,29 malam, atau antara satu sampai dua malam. Itu untuk tamu nusantara, atau dalam negeri," bebernya.

Rata-rata tamu mancanagera pun di Kota Malang tercatat lebih lama yakni 1,69 malam. Di mana ada perbedaan sebanyak 0,40 poin jika dibandingkan dengan rata-rata menginap tamu nusantara.

"Untuk tamu nusantara 1,29 malam dan mancanegara 1,69 malam. Jadi lebih lama, atau ada 0,40 poin lebih pada tamu asing dibanding domestik," ujarnya.

Tercatat, TPK hotel berbintang untuk wisatawan mancanegara di Jawa Timur sebesar 2,36 poin dan 1,37 poin untuk wisatawan domestik. Sementara di Indonesia, TPK hotel berbintang wisatawan mancanegara sebesar 2,77 poin dan 1,57 poin untuk wisatawan domestik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini