Share

Mirisnya Awal Tahun di Australia, Badai Petir dan Gelombang Panas Melanda

Denisa Aisyah, Jurnalis · Rabu 05 Januari 2022 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 406 2527106 mirisnya-awal-tahun-di-australia-badai-petir-dan-gelombang-panas-melanda-NBDTWDzfNv.jpg Australia (dok Freepik)

JAKARTA - Australia merayakan awal Tahun Baru 2022 dengan kabar tak mengenakkan. Mereka dilanda badai, hujan lebat, dan gelombang panas yang terik.

Melansir News.com.au, prakiraan cuaca menjelaskan gelombang panas dan berpotensi badai besar bisa terjadi di Queensland, dan New South Wales (NSW) mulai Rabu (5/1/2021) hingga Jumat mendatang.

Ahli meteorologi Rob Sharpe mengatakan periode ini akan membasahi sebagian besar wilayah pesisir yang membentang dari Bundaberg sampai ke Port Macquarie memperingatkan beberapa daerah bisa diguyur hujan sebanyak 200 mm dalam beberapa hari mendatang.

Baca Juga:

Kacaunya Bandara AS, Lebih dari 2.700 Penerbangan Dibatalkan Gara-gara Omicron

Pengalaman Buruk Menginap di Hotel Jorok, Banyak Tikus hingga Saluran Air Tersumbat Rambut

Dia menjelaskan, angin yang dihasilkan oleh sistem akan menyeret panas dari Australia Tengah ke pantai sehingga akan menciptakan gelombang panas lembab berbahaya untuk bagian pesisir timur laut dan daerah pedalaman Queensland juga.

Yang terburuk dari gelombang panas ini akan meluas, katanya, akan terjadi dari Selasa hingga Kamis, membentang dari Cairns sampai ke Rockhampton.

"Townsville benar-benar berada di antara itu dengan suhu yang naik hingga 30-an hampir setiap hari dan tetap di atas 27C pada suhu terendah," katanya.

Sharpe memaparkan, badai besar akan membasahi pantai timur Australia, saat Topan Seth akan terjadi.

Lebih lanjut, Sharpe menilai, cuaca basah akan meningkat mulai Selasa di sepanjang pantai utara NSW hingga Queensland mulai Rabu.

Bagian tenggara Queensland dapat terkena dampak yang sangat besar, dengan bagian utara Tasmania juga kemungkinan akan terkena banjir besar.

Sydney diperkirakan akan mengalami cuaca terburuknya pada Rabu dan Kamis, dengan Weatherzone memperkirakan 90 persen kemungkinan hujan pada Rabu. Kemudian, hujan diperikiran terjadi di Harbour City pada hari Kamis.

Sementara itu, Biro Meteorologi (BOM) memperkirakan akan ada kondisi berbahaya bagi para peselancar.

“Ex-Tropical Cyclone Seth akan menghasilkan ombak yang berbahaya dan gelombang pasang yang tidak normal di pantai-pantai yang terbuka di Queensland tenggara dan timur laut NSW, dan peringatan cuaca buruk dan peringatan ombak berbahaya saat ini,” kata BOM pada Minggu malam.

Gelombang pasang yang tidak normal diperkirakan terjadi dari Pulau Fraser, di Queensland, hingga Seal Rocks, di utara Newcastle. Pemerintah setempat telah memasang papan peringatan yang membentang di selatan Sydney hingga Pantai Illawarra.

Peringatan tersebut telah digaungkan oleh presiden NSW Surf Life Saving George Shales.

“Ini merupakan periode operasional tersibuk dalam lima tahun terakhir,” katanya.

“Keamanan publik menjadi terpenting bagi kami selama musim panas dan penting bagi kami untuk menegaskan kembali bahwa kunci untuk aman di pantai kami adalah mengunjungi lokasi yang dipatroli dan berenang di antara bendera merah dan kuning.”

250 penyelamat diterjunkan untuk mengatasi hal ini. Meski demikian, terdapat laporan seorang pria berusia 49 tahun tenggelam di Air Terjun Wappa di Sunshine Coast pada hari Minggu lalu (2/1/2022).

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini