Share

5 Suka Duka Jadi Pramugari yang Jarang Orang Tahu, Apa Saja?

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 05 Januari 2022 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 406 2527393 5-suka-duka-jadi-pramugari-yang-jarang-orang-tahu-apa-saja-zVU6kEScS0.jpg Pramugari (Insider)

KENYAMANAN dan terpenuhinya pelayanan di pesawat atau kereta api (KA), merupakan bagian tugas yang diprioritaskan oleh pramugari. Ketika tengah melayani penumpang, mereka dengan sopan, tutur katanya baik dan selalu senyum jadi keharusan bagi pramugari.

Sebagian orang juga memimpikan dan beranggapan betapa bahagianya menjadi pramugari, karena jenjang karirnya terbilang sangat menggiurkan. Namun tahukah Anda, dibalik itu semua ternyata ada suka dukanya lho sebagai pramugari.

Baca juga:  Pesona Pramugari Zolya Ramida, Cantiknya Paripurna Bikin Makin Cinta

Dilansir dari laman resmi Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari (PSPP), berikut suka duka menjadi pramugari yang jarang orang lain ketahui.

Traveling Gratis

 

Traveling gratis menjadi salah satu keuntungan yang dirasakan oleh pramugari. Jika Anda berprofesi sebagai pramugari, dapat menjelajahi setiap tempat yakni sesuai destinasi yang akan dituju.

Bukan hanya keliling Indonesia saja, pramugari juga bisa jalan-jalan gratis ke luar negeri lho, yakni menggunakan penerbangan internasional.

 

Ramah dan Selalu Senyum

 

Seorang pramugari harus selalu ramah, sopan santun, murah senyum dan juga cekatan. Mereka juga harus memiliki kesabaran yang ekstra di segala situasi, misalnya menghadapi penumpang yang kerap membuat ulah atau tidak sabaran karena penerbangan delay.

Oleh karena itu, bagi Anda yang berkeinginan menjadi pramugari harus siap mental karena kondisi di lapangan akan berbeda-beda, apalagi bertemu dengan banyak orang yang memiliki karakternya masing-masing.

Baca juga: 3 Pengakuan Pramugari Jet Pribadi, Hidup Mewah hingga Jadi Selingkuhan Miliuner

Punya Penghasilan Tinggi dan Jenjang Karir Cerah

Pantas saja, beberapa orang menginginkan menjadi pramugari karena profesi ini memiliki penghasilan yang cukup tinggi dan jenjang karir yang cerah.

Misalnya pramugari KA, untuk sekelas level junior pendapatan setiap bulannya minimal Rp7,000,000. Belum lagi berbagai tunjangan, bonus dan THR setiap tahunnya. Sementara pramugari maskapai penerbangan, sedikitnya bisa mencapai belasan juta rupiah perbulannya.

Follow Berita Okezone di Google News

Harus Siap Setiap Waktu

Menjadi pramugari harus siap di setiap waktu. Ketika jadwal penerbangan pukul 5 pagi, maka mereka paling lambat harus bangun tidur sekitar jam 3 pagi. Belum lagi segala persiapan sebelum berangkat yang harus perfect, tanpa kekurangan satu pun.

Di mana jadwal pesawat dan KA sudah ditentukan. Maka pramugari juga harus mengikuti ritme waktu tersebut, dan terpenting jangan sampai terlambat.

 Ilustrasi

Jauh Bertemu Keluarga

Duka yang dirasakan oleh pramugari adalah jauh dan jarang bertemu dengan keluarga. Jam kerja yang panjang, juga kerap berubah-ubah membuat mereka sulit membagi waktu untuk keluarga bahkan dirinya sendiri.

Terkadang pramugari tidak mendapatkan libur saat tanggal merah atau di hari raya dan tahun baru. Mereka harus tetap melayani para penumpang, agar perjalanan tetap nyaman dan aman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini