Share

Kasus Covid-19 Menurun, Kota Xian di China Tetap Berlakukan Pembatasan

Antara, Jurnalis · Kamis 06 Januari 2022 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 05 406 2527622 kasus-covid-19-menurun-kota-xian-di-china-tetap-berlakukan-pembatasan-9tEcBnU9Qs.jpg Ilustrasi Covid (Freepik)

JAKARTA - Kota Xian di China yang hampir dua minggu dikarantina, menuntut pemerintah menerapkan pembatasan COVID-19 secara ketat dan sungguh-sungguh, bahkan ketika penularan lokal di antara 13 juta penduduknya mulai melambat.

Xian melaporkan 95 kasus pada Senin (3/1), yang menandai dua hari berturut-turut kota itu mencatat kurang dari 100 infeksi lokal sejak 24 Desember 2021.

"Berbagai upaya yang perlu dilakukan hanya perlu diperkuat," kata Liu Guozhong, kepala Partai Komunis di Provinsi Shaanxi, di mana Xian adalah ibu kotanya.

Baca Juga:

Kisah Pramugari Dipecat Karena Pandemi, Kini Bekerja Sebagai Petugas Ambulans

Gokil! Wanita Setengah Telanjang Gunakan Gaun Jadi Masker saat Pesan Es Krim

Upaya pengendalian epidemi berada pada momen penting, kata Liu.

Infeksi terbaru membuat jumlah kasus lokal menjadi lebih dari 1.700 selama wabah terbaru melanda Xian sejak 9 Desember 2021.

"Kita lebih baik memperluas identifikasi kelompok berisiko daripada mengabaikan satu orang," kata Liu seperti dikutip dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh pemerintah Xian pada Selasa.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Tidak ada yang boleh diabaikan selama pengujian massal di daerah-daerah utama Xian dan pintu-pintu rumah di daerah pedesaan harus diawasi dengan ketat untuk memastikan orang mematuhi pembatasan perjalanan, kata Liu.

Banyak orang dilarang meninggalkan kompleks perumahan mereka kecuali untuk hal-hal mendesak yang disetujui oleh pihak berwenang berbasis komunitas mereka.

Semua warga harus memiliki bukti hasil tes negatif COVID-19 yang diperiksa oleh staf komunitas sebelum mereka dapat mencari layanan medis di rumah sakit.

Aturan juga membatasi akses ke kebutuhan sehari-hari, dengan banyak orang tidak dapat pergi berbelanja, sehingga membuat mereka bergantung pada jasa pengiriman.

Xian mengatakan pembatasan dapat dilonggarkan ketika waktunya tepat untuk secara bertahap melanjutkan kehidupan normal ketika risiko penularan virus lebih rendah.

Jumlah kasus di Xian sangat kecil dibandingkan dengan banyak wabah di tempat lain di dunia.

Namun, Beijing sangat ingin mengakhiri wabah menjelang Olimpiade Musim Dingin pada Februari dan Kongres Partai Komunis yang diadakan setiap lima tahun sekali diharapkan akhir tahun ini.

Xian meningkatkan upaya untuk mencapai "nol kasus di masyarakat", sebuah situasi di mana semua infeksi baru ditemukan di antara orang-orang yang sudah dikarantina, menurut laporan televisi pemerintah mengutip Chen Zhijun, seorang pejabat di otoritas pengendalian penyakit Xian.

Kota itu akan memperbaiki "kelemahan dalam layanan" bagi orang-orang di fasilitas karantina tertentu, kata seorang pejabat kota kepada wartawan dalam konferensi pers pada Senin.

Selain dari 95 kasus di Xian, Provinsi Zhejiang dan Provinsi Henan juga melaporkan beberapa infeksi simtomatik lokal pada Senin.

Tidak ada kematian baru, sehingga jumlah kematian tidak berubah di angka 4.636.

China Daratan memiliki 102.841 kasus bergejala yang dikonfirmasi pada akhir 3 Januari, termasuk kasus lokal dan yang berasal dari luar negeri.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini