Share

Pentingnya Prosedur Pemeriksaan Keamanan Penerbangan di Bandara, Jangan Dianggap Sepele

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 06 Januari 2022 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 05 406 2527746 pentingnya-prosedur-pemeriksaan-keamanan-penerbangan-di-bandara-jangan-dianggap-sepele-gXS7j7F63u.jpg Ilustrasi bandara (dok freepik)

JAKARTA - Bagi kamu yang akan berpergian menggunakan pesawat, sebaiknya memahami prosedur pemeriksaan keamanan penerbangan di bandara terlebih dahulu.

Prosedur pemeriksaan ini wajib lho untuk setiap penumpang, tanpa ada pengecualian.

Lantas apa saja tahapannya?

Melansir YouTube Angkasa Pura Airports, berikut beberapa prosedur pemeriksaan keamanan penerbangan di bandara:

Check Point Pertama

Petugas akan memeriksa para penumpang di awal masuk pintu masuk bandara. Pastikan semua barang-barang Anda lengkap, kemudian letakan ke dalam x-ray scanner untuk dilakukan pengecekkan oleh petugas.

Jika Anda terpaksa membawa benda-benda tajam, bahan mudah terbakar atau meledak, segera beritahu petugas. Nantinya petugas akan memberikan arahan, apakah barang yang Anda bawa itu masih bisa ditolernsi atau tidak boleh dibawa karena berbahaya.

Kemudian jaket dab semua benda berbentuk logam seperti jam tangan, atau sabuk lepas lebih dahulu.

Simpan barang-barang berisiko di kabin

Apabila Anda membawa senajata tajam dan diperbolehkan oleh petugas, pastikan diletakkan di tas yang akan dibawa di kabin. Jangan pernah menyimoannya di tas atau koper yang disimpan di bagasi pesawat.

Check Point Kedua

Saat memasuki check poin kedua, pastikan boarding pass dan tanda pengenal seperti KTP atau SIM telah disiapkan.

Kemudian, nantinya para petugas akan memeriksa data Anda dan memastikan wajah serta identitas penumpang sama. Ketika semuanya sudah sesuai, kemudian Anda baru diperbolehkan masuk, lalu semua barang-barang Anda akan dimasukkan kembali ke dalam x-ray scanner.

Tak sampai di situ, Anda juga akan melewat metal detector. Petugas akan memeriksa seluruh badan Anda, apakah ada benda logam yang masih menempel.

Untuk penumpang perempuan, demi kenyamanan nantinya petugas yang akan memeriksa Anda juga sama-sama perempuan. Begitu juga dengan ibu hamil dan penyandang disabilitas, akan diperiksa di ruang manual secara terpisah.

Setelah semua pemeriksaan lolos, Anda diperbolehkan memasuki kabin pesawat. Saat masuk pintu, biasanya pramugari akan membantu Anda mencarikan nomor kursi yang sudah dipesan sebelumnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini