Share

60 Persen Pria Jepang Kencing Duduk, Survei Ungkap Fakta Mengejutkan

Nindi Widya Wati, Jurnalis · Jum'at 07 Januari 2022 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 06 406 2528061 60-persen-pria-jepang-kencing-duduk-survei-ungkap-fakta-mengejutkan-WGFusqCS7T.JPG Ilustrasi (Foto: Reuters)

BERDASARKAN data baru menunjukkan dua pertiga pria Jepang buang air kecil dengan posisi duduk. Hal itu terus berlangsung dan meningkat sejak akhir 90-an. Bahkan saat ini lebih dari 60 persen pria dikabarkan memiliki kebiasaan tersebut.

Dikutip dari Odditycentral, negara Jepang memang dikenal sebagai gudangnya sistem toilet tercanggih di dunia.

Tercatat banyak produsen bersaing menghadirkan sederet fitur toilet luar biasa. Di antaranya internet nirkabel built-in, atau kapasitas untuk mengumpulkan dan menganalisis sampel urine dari jarak jauh, kemudian mengirimkan hasilnya ke pra-rumah sakit yang dipilih.

Diketahui pula untuk mengetahui keinginan pasar agar tetap kompetitif, produsen toilet seperti Toto atau Matsushita Electric Works secara rutin melakukan survei.

Hasil survei mengungkapkan beberapa informasi aneh namun menarik. Sebagai contoh, hasil sebuah survei baru-baru ini mengungkapkan mayoritas pria Jepang buang air kecil di tempat duduk di toilet.

Tren kencing sambil duduk semakin menjadi kebiasaan di kalangan pria Jepang, bahkan ada istilah dengan menyebutnya sebagai 'suwari-shon'.

Baca juga: Uniknya Toilet di Jepang, Berbentuk Labirin hingga Transparan dari Luar

Berawal dari plesetan kata Jepang 'suwari' yang berarti 'duduk', dan 'shonben' yang berarti 'air seni'. Tren ini pertama kali menjamur pada akhir 1990-an, tetapi sejak saat itu secara bertahap semakin meningkat.

Terbukti pada 2007, survei menunjukkan bahwa sekitar 40 persen pria Jepang mengaku sebagai suwari-shon.

Berlanjut penelitian yang pada tahun 2009 mengungkapkan tren ini lebih populer di kalangan pria muda berusia 25 hingga 35 tahun, dari pusat kota seperti Tokyo.

Hingga pada survei terbaru pada Desember 2021 yang dilakukan oleh produsen perlengkapan mandi Jepang Lion Corp menunjukkan bahwa 60,9 persen pria lebih suka buang air kecil sambil duduk.

Dari 1.500 responden berusia 20 hingga 60 tahun, 49 persen mengatakan mereka telah beralih dari kencing berdiri ke posisi duduk.

Sementara 11,9 persen dari total responden mengatakan, justru mereka sudah terbiasa kencing sambil duduk dari kecil.

Terungkap alasan utama banyak pria menjadi suwari-shon karena kotornya percikan urin saat kencing berdiri, terlebih jika harus membersihkannya dalam situasi buru-buru.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Naik Kereta di Jepang, Jangan Seenaknya Aja!

Selain itu, alasan lainnya adalah mereka dapat bermain ponsel sambil buang air. Maka dari itu, banyak responden lebih nyaman kencing dengan posisi duduk.

Meskipun pendukung 'tachi-shon' (kencing berdiri) beranggapan kencing dengan posisi duduk akan membatasi aliran urine, mayoritas pria Jepang tampaknya tidak terlalu peduli.

Apalagi dengan semakin banyaknya orang yang membawa handphone ke kamar mandi, diperkirakan jumlahnya setiap tahun akan terus meningkat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini