Share

Ratusan Pelancong Australia Gugat Perusahaan Tes Covid-19, Masalah Apa?

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Jum'at 07 Januari 2022 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 06 406 2528111 ratusan-pelancong-australia-gugat-perusahaan-tes-covid-19-masalah-apa-0vZvCMJPdo.JPG Spot tes cepat Covid-19 di bandara Australia (Foto: NCA NewsWire/Ian Currie)

PERUSAHAAN tes cepat Covid-19 menghadapi gugatan class action dari ratusan pelancong yang dijanjikan tes PCR 90 menit cepat.

Melansir Newscom.au, pelancong yang terdampar di bandara Australia pada Boxing Day, ditolak untuk tes cepat Covid-19 yang sudah dipesan sebelumnya.

Spesialis Diagnostik Histopat telah berjanji untuk mengungkapkan hasil tes Covid selama 90 menit di bandara Melbourne, Brisbane, dan Sydney, sehingga memungkinkan pelancong untuk dites sebelum naik ke penerbangan.

Setelah membuat janji dan membayar biaya USD120 (Rp1,7 juta), ratusan pelancong ditolak dari tes yang telah dipesan sebelumnya tanpa peringatan.

Baca juga: Australia Kembali Buka Perbatasan, Perjalanan Internasional Diizinkan Lagi

Infografis Kebiasaan Buruk Traveling

"Mereka dijanjikan 90 menit untuk hasil tes di bandara pada hari H, jadi mereka membayar secara online dan datang ke bandara untuk diuji hanya untuk ditolak," ungkap Kepala Pengacara, Michel Margalit.

"Mereka kehilangan kesempatan untuk diuji di tempat lain dan gagal terbang di hari itu," tambahnya.

Margalit mengatakan, pelancong berjuang agar biaya pemesanan mereka diganti, serta biaya penerbangan dan akomodasi. "Sama sekali tidak ada peringatan bahwa pengujian tidak akan selesai di hari itu," tuturnya.

Ratusan pelancong ditolak panggilannya saat mencoba menghubungi Histopath secara langsung. Dilaporkan lebih dari 80 situs pengujian Covid-19 di NSW dan Victoria harus ditutup sementara karena permintaan yang sangat besar.

Setidaknya 54 situs ditutup di seluruh Victoria untuk menangani tumpukan pengujian, termasuk laboratorium swasta Patologi 4Cyte, ACL, Patologi Melbourne, dan Patologi Dorevitch. Sementara di NSW, 28 situs uji juga ditutup sementara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini