Share

Dongkrak Ekonomi, Sleman Kembangkan Wisata Berbasis Pertanian dan Alam

Antara, Jurnalis · Sabtu 08 Januari 2022 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 07 406 2528624 dongkrak-ekonomi-sleman-kembangkan-wisata-berbasis-pertanian-dan-alam-vpUA36UWfP.JPG Agrowisata di Sleman, DIY (Foto: Intagram/@agrowisatabhumimerapi)

PEMERINTAH Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mulai menjajaki pengembangan pariwisata berbasis pertanian dan alam di Sleman timur untuk pemulihan ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19.

"Program pemulihan ekonomi dampak pandemi salah satunya adalah pariwisata dan hal itu menjadi konsen pemerintah daerah bagaimana harus terlibat dalam hal pemulihan ekonomi," kata Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa.

Menurut dia, dirinya bersama dengan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Suparmono telah melakukan diskusi dengan anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Sumberharjo dan Kelurahan Wukirharjo, Kapanewon (Kecamatan) Prambanan untuk pengembangan pariwisata berbasis pertanian.

Baca juga: Berwisata di Obelix Hills, Asyiknya Menikmati Sunset dan Pemandangan Kota Yogyakarta

"Saya senang sekali melihat semangat dari teman-teman pokdarwis ini. Hobi saya memang berdiskusi dan mendengar masukan dari berbagai kalangan untuk pengembangan dan program kemajuan Kabupaten Sleman, terlebih Sleman timur ini memang arahnya adalah pariwisata," katanya.

Danang menjelaskan, hadirnya tujuan wisata baru di Kawasan Sleman Timur yaitu Obelix Hills diharapkan dapat memberikan motivasi wilayah sekitarnya untuk mengangkat potensi wisata setempat.

"Diharapkan nantinya wisata di daerah Sleman Timur semakin kaya dan dapat saling terkoneksi untuk memberikan pilihan paket wisata yang lebih beragam pada wisatawan," kata dia.

Menurut Danang, diharapkan pokdarwis dapat terpacu untuk menciptakan pariwisata yang lain yang benar-benar menjadi ciri khas dari daerah sini.

"Ketika semuanya sudah terlaksana baru kita bisa melakukan integrasi kawasan pariwisata yang bagus. Semangat dalam membangun kawasan pariwisata ini diharapkan menjadi pemicu momentum kebangkitan ekonomi khususnya di pariwisata," papar dia.

Sementara, Lurah Sumberharjo, Kurniawan Widianto berujar bahwa diskusi ini sebagai wujud kepedulian Pemkab Sleman dalam rangka mengangkat perekonomian masyarakat melalui pariwisata.

"Wakil Bupati kita ternyata senang berdiskusi dan mendengarkan langsung dari perencanaan pembangunan oleh pokdarwis, dan beliau siap mendukung," kata Kurniawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini