Share

Penumpang Wajib Tahu, Ini 27 Kata yang Paling Sering Diucapkan Pilot

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 08 Januari 2022 05:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 07 406 2528642 penumpang-wajib-tahu-ini-27-kata-yang-paling-sering-diucapkan-pilot-TAU57EDerh.JPG Ilustrasi (Foto: Instagram/@capbuckrogers)

KETIKA berada di pesawat, tentunya Anda pernah mendengar potongan percakapan antara pilot dan co-pilot. Sayangnya, kata-kata itu mungkin terdengar asing bagi Anda dan penumpang lainnya.

Nah, biar paham, berikut adalah 27 kata yang sering diucapkan pilot beserta maknanya, seperti dilansir MNC Portal dari channel YouTube Sisi Terang.

Dengan mengetahui puluhan kata tersebut, diharapkan Anda sudah tidak lagi bingung apa yang dimaksudkan pilot tersebut.

1. George sedang terbangkan pesawat

George yang dimaksud di sini bukanlah nama orang, meski hal itu bisa saja mungkin terjadi. Namun, ini adalah sistem otomatis atau autopilot pesawat yang dijalankan oleh pilot ketika mereka sudah terbang lebih dari 10 jam dan harus beristirahat.

2. Cleared for takeoff

Setelah kru selesai dengan semua pemeriksaan sistem sebelum terbang, mereka siap untuk lepas landas. Saat itulah, Anda akan mendengar pilot berkata 'cleared for takeoff'.

3. Spinners

Itulah sebutan yang diberikan kru penerbangan pada penumpang yang terlambat dan tanpa memesan kursi.

Baca juga: Pose Menggoda Pilot Cantik Patra Komalarajun Bikin Para Jomblo Berfantasi

4. Cross-check

Ungkapan ini sering diumumkan lewat interkom. Setelah mendengarnya, kru pesawat memastikan bahwa semua pintu sudah aman. Ini berarti jika pintu masih terbuka, seluncur evakuasi akan terbuka otomatis.

Ilustrasi Pilot

(Foto: Instagram/@haneda_excel_hotel_tokyu)

5. Jumpseat

Ini adalah kursi kecil yang ditempati kru pesawat saat pesawat lepas landas, mendarat, atau saat turbulensi. Nama ini bermula dari cara kursi terlipat segera setelah seseorang bangkit dari kursi.

6. Pilot duduk di jumpseat

Sebetulnya sangat umum pilot atau kru yang sedang tidak bertugas duduk di jumpseat. Saat terbang kembali ke pangkalan mereka. Petugas pengawas penerbangan juga dapat menggunakannya.

7. Kita terbang melalui air pocket

Kebanyakan penumpang saat mendengar turbulensi akan mulai panik. Ini sebabnya kru menghindari penggunaan karena turbulensi saat bicara satu sama lain. Sebagai gantinya digunakan istilah air pocket atau kantung udara.

Baca juga: Ini Sederet Langkah yang Dilakukan Pilot Bila Penerbangan Alami Bird Strike

8. Runner

Jika penerbangan pertama Anda terlambat mendarat dan Anda sedang bertugas mengejar penerbangan selanjutnya, maka Anda adalah runner.

9. Zulu time

Dalam satu penerbangan sebuah pesawat bisa melewati beberapa zona waktu. Untuk menghindari kebingungan dalam berkomunikasi dengan pengawas lalu lintas udara, pilot menggunakan istilah zulu time. Ini merupakan zona waktu universal bagi penerbangan.

10. Gate lice

Gate lice adalah istilah yang dipakai oleh staf bandara dan kru penerbangan untuk menyebut penumpang yang mulai bergerombol di depan gerbang keberangkatan jauh sebelum waktu boarding diumumkan.

11. Pan-pan

Pilot menggunakan istilah ini untuk berkomunikasi dengan pengawas lalu lintas udara. Ini adalah sinyal yang berarti ada hal yang tida beres dengan penerbangan dan kru kokpit butuh perhatian segera.

12. Tree, fower, fife, niner

Ini merupakan pelajaran bahasa Inggris singkat untuk pilot. Tree = 3, fower = 4, fife = 5, dan niner = 9. Percakapan seperti itu membantu menghindari kesalahan komunikasi radio dan kebingungan yang muncul karena pengucapan angka dan kata yang serupa.

13. Redeye

Sesuai dengan namanya, redeye adalah penerbangan semalaman. Dan ketika sebagian kru mengalami kesulitan untuk tetap membuka mata, yang lain justru menyukai shift malam karena hampir seluruh penumpang tertidur.

Baca juga: Heboh Pilot Terbangkan Pesawat Tanpa Izin ATC, Tempuh Satu Setengah Jam Penerbangan ke Kota Ini

Infografis Pesawat

14. Pink eye

Ini merupakan istilah yang digunakan untuk penerbangan yang sedikit lebih awal dari penerbangan redeye.

15. Pax

Jika Anda mendengar seorang kru mengatakan 'ada 130 pax di pesawat' maksudnya adalah penumpang.

16. Penerbangan ferry

Istilah ini digunakan untuk pesawat kosong tanpa penumpang atau kargo yang terbang dari satu tempat ke tempat lainnya.

17. Apakah flight deck butuh sesuatu?

Jika Anda mendengar kru pesawat mengajukan pertanyaan ini kepada koleganya artinya mereka ingin tahu apakah kru kokpit yaitu kapten dan co pilot minta sesuatu.

18. Roger dan wilco

Dalam bahasa penerbangan, roger berarti pesan diterima. Sedangkan wilco adalah kependekan dari will comply yakni akan dilaksanakan.

19. Chimes

Ini adalah bunyi 'ting' yang dapat Anda dengar selama penerbangan. Artinya pun bisa bermacam-macam.

20. Flight level

Ini hanya istilah keren untuk mengatakan berapa ratus meter posisi Anda dari langit. Misalnya, dengan flight level 350, berarti Anda berada di ketinggian 35.000 kaki.

21. Kami sedang menyelesaikan sedikit paperwork

Jika Anda mendengar kapten mengatakan ini, bukan berarti Anda akan mengalami penundaan. Menyelesaikan paperwork, biasanya merevisi rencana terbang.

22. Final approach

Kata ini memiliki arti yang agak berbeda bagi pilot dan kru kabin. Kru kabin menyebut final approach saat pesawat mendekati bagian akhir dari gerakan menurun. Tapi, bagi pilot 'final approach' berarti pesawat sudah sejajar dengan landasan pacu dan tidak memerlukan belokan tambahan.

23. Penerbangan direct vs penerbangan non stop

Banyak orang mencampuradukkan kedua istilah ini. Penerbangan direct bisa saja memiliki beberapa pemberhentian asal nomor penerbangan tidak berubah. Sedangkan penerbangan non stop tidak akan mendarat sampai tiba di tujuan.

24. Ini panggilan boarding terakhir dan mendesak

Staf maskapai menggunakan kalimat ini untuk mengumumkan bahwa pesawat akan segera berangkat.

25. SOP

Ini merupakan kependekan dari standard operating procedure. Yang berarti semua pekerjaan yang dilakukan kru kabin di dalam pesawat.

26. Bulkhead

Ini merupakan dinding atau tirai pemisah antar-kelas kabin atau antara dapur dengan toilet.

27. Area of weather

Ini biasanya berarti ada hujan deras atau badai petir tidak jauh dari pesawat.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini