Share

Amankah Membawa Bayi Selama Penerbangan?

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Sabtu 08 Januari 2022 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 07 406 2528727 amankah-membawa-bayi-selama-penerbangan-lxxjaeznqJ.jpg Ilustrasi pesawat (dok. Freepik)

JAKARTA - Bagi sebagian besar orang tua yang membawa anak kecil dalam penerbangan pasti merasa khawatr dan bimbang, apakah aman untuk mendudukkan sang anak di pangkuan?

Apa yang harus dilakukan jika mereka menangis, bagaimana menghibur mereka, dan bagaimana memberi makan? Ini hanyalah beberapa contoh pertanyaan yang sering timbul dalam benak orang tua kepada diri mereka sendiri sebelum naik ke pesawat.

Namun, terlepas dari itu semua, hal terpenting sebenarnya apakah aman bagi anak-anak untuk duduk di pangkuan orang tua mereka selama penerbangan.

Pesawat

Melansir dari The Sun, Otoritas Penerbangan Sipil Inggris (CAA) mengatakan, aman bagi orang tua untuk menempatkan anak mereka duduk di pangkuan selama penerbangan jika anak tersebut berusia di bawah dua tahun. Meski demikian, harus mengikuti aturan sabuk pengaman dari maskapai yang mereka tumpangi.

"Anak-anak di bawah usia dua tahun perlu diamankan setiap kali tanda sabuk pengaman menyala. Hal ini dapat dicapai melalui penggunaan sabuk pengaman yang disediakan oleh maskapai untuk mengamankan sang anak di pangkuan orang dewasa, atau dengan menggunakan perangkat perlindungan anak, yaitu kursi jenis mobil, atau alternatif yang disediakan oleh maskapai," ujar CAA.

"Penumpang yang bepergian dengan anak kecil harus menghubungi maskapai mereka untuk membahas opsi teraman dan untuk memastikan bahwa perangkat penahan pilihan mereka dapat diterima dan sesuai untuk jenis pesawat," tambahnya.

Jika anak mereka berusia lebih dari dua tahun, maskapai penerbangan mengharuskan untuk memiliki kursi sendiri karena mereka lebih besar dan bisa terluka jika berada di pangkuan orang tua.

Beberapa maskapai penerbangan memberikan sabuk pengaman khusus kepada orang dewasa untuk membantu menjaga anak tetap di tempatnya, misalnya Ryanair.

Sabuk itu melingkari perut anak dan menempel pada sabuk pengaman orang dewasa dan harus digunakan selama tanda sabuk pengaman menyala. Maskapai lain, seperti British Airways, menyediakan boks jinjing dan kursi anak untuk bayi.

Seringkali maskapai penerbangan juga mengizinkan orang tua untuk membawa kursi mobil mereka sendiri jika mau, asalkan lebarnya tidak lebih dari 45 cm dan muat di kursi pesawat.

Beberapa orang tua mungkin terkejut mengetahui beberapa maskapai penerbangan mengenakan biaya untuk membawa anak berusia dibawah dua tahun di pesawat, bahkan jika mereka duduk di pangkuan sepanjang waktu.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini