Share

Aneh tapi Nyata, Kucing Picu Kebakaran 107 Rumah, Kok Bisa?

Denisa Aisyah, Jurnalis · Minggu 09 Januari 2022 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 08 406 2529166 aneh-tapi-nyata-kucing-picu-kebakaran-107-rumah-kok-bisa-mCfb0aVtAr.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

KUCING menjadi hewan peliharaan yang menggemaskan bagi banyak orang. Tapi, memelihara kucing juga tak boleh sembarangan, tetap harus waspada, karena kadang bisa membawa petaka, lho.

Ya, di Korea Selatan ada 107 rumah terbakar gara-gara kucing dalam tiga tahun terakhir. Kok bisa?

Baca juga: Viral Wanita Asyik Menyusui Kucing di Pesawat, Ditegur Pramugari Malah Cuek

Pejabat dari Departemen Kebakaran dan Bencana Metropolitan Kota Seoul menyatakan bahwa kucing menyebabkan total 107 kebakaran rumah antara Januari 2019 dan November 2021.

The Korea Herald melaporkan bahwa sebagian besar kebakaran diyakini disebabkan oleh kucing, dikarenakan mereka kerap menyalakan kompor listrik di dapur dengan kaki mereka.

Dari jumlah tersebut, hampir setengah dari kasus terjadi ketika pemilik berada di luar rumah, tambah laporan itu. Peralatan rumah tangga, seperti kompor induksi listrik, dapat dinyalakan dengan mudah oleh kaki hewan karena memiliki tombol yang peka terhadap sentuhan.

Baca juga: Lahir dengan 4 Telinga, Anak Kucing Ini Mendadak Jadi Selebgram

“Kebakaran yang dipicu oleh kucing terus dilaporkan akhir-akhir ini. Kami menyarankan pemilik hewan peliharaan untuk memberikan perhatian ekstra terhadap risiko kebakaran, ”kata pejabat Departemen Kebakaran dan Bencana Seoul, Chung Gyo-chul seperti dilansir dari Independent UK, Sabtu (8/1/2022).

Setidaknya empat orang terluka dalam insiden yang dilaporkan. Pemilik juga telah disarankan untuk menjahkan benda yang mudah terbakar seperti handuk kertas dari kompor.

Petugas kebakaran juga menyarankan pemilik kucing menggunakan kompor listrik yang dilengkapi dengan fungsi kunci otomatis untuk mengurangi risiko kebakaran.

Data yang dibagikan oleh pemadam kebakaran menunjukkan lonjakan kebakaran rumah terkait hewan peliharaan di Seoul dalam beberapa tahun terakhir.

Ilustrasi

Setidaknya 31 insiden seperti itu dilaporkan antara Januari dan September 2019, meningkat tajam dari hanya tujuh kasus pada 2017.

Tetapi masalah insiden kebakaran domestik terkait hewan peliharaan bukan hanya terjadi di Korea Selatan, AS melaporkan rasio yang jauh lebih tinggi atas kejadian serupa terjadi setiap tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini