Share

6 Layanan Gratis di Pesawat yang Jarang Diketahui Penumpang, Silakan Minta ke Pramugari!

Nindi Widya Wati, Jurnalis · Minggu 09 Januari 2022 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 08 406 2529304 6-layanan-gratis-di-pesawat-yang-jarang-diketahui-penumpang-silakan-minta-ke-pramugari-ZB4V4tuUA4.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

PELAYANAN dalam pesawat komersial sangat tergantung kelas. Bagi penumpang pesawat kelas bisnis tentu saja mereka akan mendapat servis lebih mewah dibandingkan penumpang kelas ekonomi.

Tapi, maskapai biasanya memberi pelayanan khusus bagi penumpangnya dalam penerbangan jarak jauh. Layanan ini tak ada dalam penerbangan jarak dekat.

Pengguna pesawat jarak jauh bahkan ada yang bisa mendapatkan pelayanan mewah seperti perawatan tubuh, headphone, selimut, bantal juga tersedia. Namun, apakah Anda tahu?

Baca juga:  Terungkap 4 Hal Dilakukan Pilot dan Pramugari Saat Pesawat Transit

Forum Reddit baru-baru ini memuat tips agar penumpang dapat menikmati fasilitas rahasia yang gratis, seperti makanan dan minuman selama penerbangan jarak jauh.

Berikut sederet pelayanannya yang bisa diminta ke pramugari seperti dilansir dari laporan Express UK, Minggu (9/1/2022).

1. Refil menu minuman

Pramugari kerap menyajikan minuman gratis seperti teh atau kopi yang hanya setengah gelas di awal penerbangan. Oleh itu jika minuman Anda sudah habis, minta saja kembali minuman kepada awak kabin.

 

Mereka akan senang hati memberi lagi, bahkan staf onboard mengatakan akan melayani penumpang jika minta minuman jenis lain seperti cokelat panas.

2. Tisu antibakteri

Pesawat jadi salah satu sarang kuman, namun banyak diantara penumpang pesawat yang tidak membawa tisu antibakteri. Oleh sabab itu, sangat penting bagi penumpang untuk berani bertanya kepada pramugai terkait ketersediaan tisu antibakteri.

Baca juga: Tubuhnya Terlalu Tinggi, Pria Ini Malah Dapat Kursi First Class Pesawat Gratis

Tak perlu takut mengatakannya, karena pesawat diketahui memang memiliki persediaan tisu antibakteri yang banyak.

3. Camilan ringan

Camilan gratis di dalam pesawat biasanya terdapat sebungkus kecil keripik, biskuit, atau kacang. Namun dengan ukuran yang kecil, umumnya penumpang masih merasa lapar. Maka lebih baik jika Anda meminta kepada awak kabin, dan mereka akan menawarkan beberapa camilan yang masig tersedia. 

4. Alkohol

Beberapa maskapai penerbangan bahkan menawarkan alkohol gratis bagi penumpang. Seperti maskapai Lufthansa yang menawarkan alkohol jenis sampanye, anggur, dan bir gratis. Lalu, Etihad juga menawarkan room bar dengan berbagai macam alkohol tanpa dipungut biaya. Ketika Anda ingin mencobanya, maka segera panggil pramugari terdekat.

5. Obat-obatan

Obat-obatan disarankan agar turut dibawa, akan tetapi beberapa penumpang sering lupa tak memasukkannya dalam tas yang mudah dijangkau. Maka jangan khawatir, pramugari akan dengan senang hati melayani penumpang.

Ilustrasi

Staf penerbangan selalu membawa perlengkapan dasar seperti kotak P3K kecil yang umumnya berisi plester dan obat penghilang rasa sakit untuk penumpang. Bahkan, mereka juga memiliki dasar pertolongan pertama untuk membantu penumpang. Hal itu juga diberikan secara gratis demi kenyamanan penerbangan.

6. Air mineral

Perlu diingat, beberapa maskapai penerbangan membandreol harga yang cukup menguras kantong untuk pembelian air minum. Namun, jika Anda sangat membutuhkan air minum kemasan awak kabin akan memberi penumpang gratis berupa air minum berukuran kecil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini