Terungkap, Inilah Kursi Terburuk di Pesawat Paling Tak Diinginkan Penumpang

Andin Nurul Alifah, Jurnalis · Senin 10 Januari 2022 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 10 406 2529696 terungkap-inilah-kursi-terburuk-di-pesawat-paling-tak-diinginkan-penumpang-IEaH7h7vVh.JPG Ilustrasi (Foto: Getty Images)

SIAPAPUN tentu ingin mendapat kursi paling nyaman di pesawat. Namun, beberapa penumpang cenderung memutuskan opsi tertentu untuk tidak layak membayar lebih, selain uang yang mereka keluarkan untuk selembar tiket.

Akan tetapi, Anda mungkin ingin memertimbangkan untuk memberikan beberapa lembar uang ekstra untuk memastikan Anda benar-benar bisa memilih kursi Anda sendiri.

Sebab, tidak semua kursi di pesawat nyeman. Misalnya saja, jika Anda mendapat tempat duduk di bagian belakang, kemungkinan besar Anda akan mengalami stres.

Menurut pakar penerbangan, ini adalah kursi terburuk jika Anda menginginkan penerbangan yang tenang dan santai di udara.

Baca juga: Kisah Robert Loft, Hantu Pilot Baik yang Cegah Pesawat dari Kecelakaan Fatal

Infografis Fakta Unik Pesawat

Seorang pakar penerbangan dan salah satu pemilik The Vacationer, Phil Dengler berujar bahwa area ini kemungkinan akan memberikan perjalanan yang lebih bergelombang karena terjauh dari sayap.

Senada, Nicole Hunter, pakar perjalanan dan pendiri situs perjalanan Go Far Grow Close, juga mencatat bahwa kursi di baris terakhir pesawat tidak dapat direbahkan karena ada dinding yang menghalanginya.

"Kursi di baris terakhir dari setiap bagian sering kali tidak dapat direbahkan atau tidak sepenuhnya direbahkan saat pesawat berpindah dari jarak satu bagian ke bagian lainnya," jelas Hunter, melansir Bestlifeonline.

Jika Anda seorang penerbang yang cemas, Anda mungkin lebih khawatir tentang keselamatan penerbangan Anda daripada tentang relaksasi—terutama jika Anda tidak bepergian untuk jangka waktu yang lama. Dalam hal ini, kursi terburuk di pesawat mungkin memiliki arti yang berbeda bagi Anda.

Michelle O'Donnell, mantan agen perjalanan dan pendiri situs perjalanan Brit Adventures, mengatakan, area terburuk bagi Anda dalam hal darurat pesawat adalah bagian tengah.

“Dari sudut pandang keselamatan, bagaimanapun, kursi terburuk untuk duduk jika ada kecelakaan pesawat adalah kursi di barisan tengah di bagian tengah pesawat. Tingkat kematian untuk bagian itu dari banyak kecelakaan yang dianalisis cukup tinggi," jelas O'Donnell.

Baca juga: Kenapa Pesawat Harus Terbang di Ketinggian 36.000 Kaki? Simak 5 Alasannya

Infografis Pesawat

"Sedangkan kemungkinan selamat dari kecelakaan pesawat secara signifikan lebih tinggi jika Anda duduk di belakang pesawat di kursi yang 'kurang diinginkan' itu."

Karena permintaan penerbangan terus meningkat, kemungkinan Anda mendapatkan kursi yang kurang diinginkan tinggi.

Pakar penerbangan sekaligus pendiri PlaneAhead, Alex Malebranche berujar bahwa langkah pertama yang harus diambil ketika Anda berada di kursi yang buruk adalah bertanya kepada pramugari apakah Anda bisa pindah ke kursi yang lebih nyaman, selama penerbangan tidak dipesan sesuai kapasitas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini