Share

4 Kegiatan Tersembunyi Pramugari saat Terbang, Nomor 2 Tak Disangka Loh

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 10 Januari 2022 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 10 406 2529732 4-kegiatan-tersembunyi-pramugari-saat-terbang-nomor-2-tak-disangka-loh-Ph7VcNcKqE.jpg Ilustrasi pramugari (dok iStock)

JAKARTA - Pramugari bertugas menjaga keselamatan dan melayani penumpang ketika ada kendala, terutama di dalam kabin pesawat.

Hal ini dilakukan agar penumpang bisa menikmati perjalanan dengan nyaman. Disamping pelayanan dengan penuh perhatian dan kepedulian, pekerjaan ini membutuhkan kemampuan untuk dapat menjalankan berbagai aktivitas selama penerbangan berlangsung.

Seperti yang kita ketahui, biasanya pramugari akan melakukan aktivitas seperti menyediakan makanan, minuman, selimut, obat-obatan, hingga melakukan simulasi siap siaga kepada penumpang jika terjadi keadaan darurat.

Namun, aktivitas pramugari bukan hanya sekedar melakukan hal itu saja.

Nyatanya, ada beberapa aktivitas yang mereka sembunyikan dari penumpang.

Mengutip kanal Youtube Roket Generasi, berikut aktivitas rahasia yang dilakukan pramugari saat terbang.

Menghitung jumlah penumpang

Pramugari menghitung jumlah penumpang menggunakan alat counter. Jika Anda naik pesawat, tentunya Anda akan menemukan pramugari meletakkan tangannya ke belakang punggung.

Hal itu memang terlihat biasa ketika penumpang masuk ke dalam pesawat, begitu juga saat turun dari pesawat. Namun gesture tersebut juga bukan berarti untuk menolak berjabat tangan, akan tetapi memiliki tujuan tersendiri.

Saat pramugari meletakkan tangannya ke sisi belakang, maka mereka memegang sebuah alat yang dinamakan counter atau alat menghitung. Si pramugari akan menghitung satu per satu jumlah penumpang pesawat.

Membersihkan kotoran di pesawat

Sebelum take off, biasanya pesawat sudah dalam keadaan bersih tanpa ada kotoran sedikitpun. Yang mana ini menjadi tugas dan tanggung jawab dari Aircraft provider. Namun pada saat penerbangan, pekerjaan itu akan digantikan oleh pramugari.

Beristirahat di tempat khusus

Menurut Daily Mail, awak kabin termasuk pramugari memiliki tempat rahasia untuk beristirahat yang bernama rest compartment. Seperti pesawat boeing 777 dan 787 mempunyai tangga rahasia yang mengarah ke tempat tersebut.

Pramugari akan beristirahat sejenak selama penerbangan berlangsung. Namun biasanya ini hanya diperbolehkan untuk penerbangan internasional saja. Tempat khusus ini bertujuan agar penumpang tidak melihat awak kabin sedang beristirahat.

Memperhatikan penampilan penumpang

Pada saat penerbangan berlangsung, pramugari selalu memperhatikan penampilan penumpang namun tidak menghakiminya. Kebanyakan penumpang tidak mengetahui hal ini.

Pramugari akan melakukan aktivitas ini secara tersembunyi agar penerbangan berjalan dengan baik. Pramugari terkadang menjadi mata-mata pilot yang selalu waspada untuk melaporkan kejadian penting. Hal ini dilakukan agar pesawat selalu dalam keadaan aman.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini