Sstt... Kafe Vintage Bernuansa Jawa Ini Punya Ruang Rahasia Bikin Merinding

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Selasa 11 Januari 2022 21:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 301 2530252 sstt-kafe-vintage-bernuansa-jawa-ini-punya-ruang-rahasia-bikin-merinding-KEOj2XeFZD.JPG Saudagar Coffee and Lounge (Foto: Instagram/@saudagar.laweyan)

DI SOLO, Jawa Tengah ada kafe baru yang memiliki nuansa Jawa yang sangat kental nih, Okezoners. Ya, Saudagar Coffee and Lounge yang berada di Jalan Gondosuli Nomor 125, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta ini akan mengajak travelers untuk menikmati sensasi nongkrong dengan suasana jadul khas Kota Solo tempo dulu.

Bangunan kafe ini memang merupakan peninggalan milik saudagar di Laweyan pada zaman kolonial dahulu yang kini sudah direstorasi.

Letaknya sendiri masih bagian dari Ndalem Gondosuli yang merupakan salah satu pusat edukasi batik di Kampung Batik Laweyan.

Dikutip dari akun Tiktok @erycoctaviano, ia mengungkapkan dalam video yang diunggahnya pada 8 Januari 2022 bahwa ia merasa merinding ketika sedang mengeksplor kafe yang cukup luas tersebut. Saat sedang menjelajahi salah satu bagian dari kafe, ia menemukan sebuah ruangan misterius.

“Explore café vintage di Solo, eh tapi kok ketemu bagian bangunan yang kayak gini.. Auto merinding,” katanya dalam video di akun TikTok-nya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Kafe di Jakarta yang Cocok dan Nyaman Untuk Rayakan Hari Ibu

Saudagar Coffee and Lounge

(Foto: Instagram/@saudagar.laweyan)

Bagian ruangan tersebut terlihat seperti bagian aula yang dihias dengan ornamen khas Jawa mulai dari pintu, gorden hingga lantainya.

Menariknya di pojok sebelah kiri ruangan sejajar dengan jendela, terdapat ruangan yang pintunya dibiarkan setengah terbuka. Rupanya ruangan tersebut adalah ruang bawah tanah semacam bunker.

Video tersebut kini sudah dilihat lebih dari 106 ribu penonton dan banyak mengundang komentar warganet. Ada yang mempertanyakan tentang ruangan tersebut, dan ada juga yang menjelaskan bahwa ruangan tersebut adalah senthong.

Dikutip dari berbagai sumber, Senthong adalah ruangan yang terletak di bagian belakang bangunan rumah Joglo (rumah khas suku Jawa) yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam barang.

“Kalau aku ga salah itu ruangan namanya senthong tengah dan senthong kanan kiri,” kata pemilik akun @bububt****ecat.

“Ini bagian senthong bukan sih? Pintu tengah itu tempat suci, pintu yang kebuka itu biasanya kamar pemilik rumah. Ini ciri khas rumah Jawa bgt,” kata akun TikTok @nucc****meo27.

Setelah diteliti lebih lanjut, rupanya ruangan itu adalah sebuah bunker milik saudagar pemilik bangunan tua yang kini merupakan kafe tersebut.

"Dulu tiap rumah saudagar di Laweyan punya bunker. Fungsinya menyimpan harta benda dan tempat persembunyian," kata Eryc Octaviano dalam video baru yang diunggah pada 10 Januari 2022.

Bunker Saudagar Coffee and Lounge

(Foto: TikTok/@erycoctaviano)

"Bahkan dulu bunker rumah satu dan lainnya terhubung melalui jaringan bawah tanah, sekarang udah enggak ada," lanjutnya.

Kafe yang memiliki dua lantai ini memiliki konsep indoor dan outdoor yang nyaman dan sangat cocok bagi siapapun mulai dari anak muda hingga orang dewasa yang hendak nongkrong sekaligus bernostalgia. Kafe ini buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 23.00 malam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini