Begini Wujud Naga Laut 180 Juta Tahun Paling Menakutkan di Zamannya

Nindi Widya Wati, Jurnalis · Rabu 12 Januari 2022 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 406 2530323 begini-wujud-naga-laut-180-juta-tahun-paling-menakutkan-di-zamannya-pZpxoXrTOE.JPG Fosil naga laut berusia 180 juta tahun (Foto: PA)

FOSIL naga laut Ichthyosaurus berusia 180 juta tahun, dengan kerangka terlengkap dan ukuran terbesar hingga 30 kaki (setara 9,144 meter) berhasil ditemukan para ilmuwan di East Midlands, Rutland Water, Inggris.

"Banyak fosil Ichthyosaurus ditemukan di Inggris. Namun, penemuan di wilayah Rutland kali ini adalah penemuan menakjubkan dalam sejarah paleontologi Inggris. Terlebih, melihat kerangka naga laut yang berukuran sangat besar," ungkap Ahli Paleontologi, Dr. Dean Lomax.

Terlansir dari The Sun, awalnya naga laut yang disebut Ichthyosaurus ini ditemukan oleh pemburu fosil dan paleontolog, Mary Anning pada awal abad ke-19. Satwa ini memiliki gigi dan mata sangat besar yang postur tubuhnya terlihat mirip lumba-lumba.

Ichthyosaurus termasuk jenis ordo reptil laut yang hidup selama era Mesozoikum. Mereka dapat tumbuh hingga 82 kaki (25 meter), berdasarkan rekaman fosil.

Baca juga: Fosil Hewan Tertua di Dunia Ditemukan, Umurnya 890 Juta Tahun!

Fosil Naga Laut

(Foto: PA)

Kelompok ini pertama kali muncul sekitar 245 juta tahun yang lalu, kemudian punah sekitar 90 juta tahun yang lalu.

Berdasarkan informasi terkait penggalian fosil Ichthyosaurus akan ditayangkan di BBC Two's Digging For Britain pada 11 Januari 2022, pukul 8 malam setempat. Melalui beberapa dokumentasi, terlihat para petugas sudah siap untuk melakukan penggalian lebih mendalam.

Tak lupa, nampak pula berupa garis dan yellow flag yang digunakan sebagai tanda keberadaan fosil naga laut.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini