Share

Terungkap Ini yang Terjadi Jika Jendela Pesawat Pecah di Udara, Segera Selamatkan Dirimu!

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 12 Januari 2022 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 406 2530327 terungkap-ini-yang-terjadi-jika-jendela-pesawat-pecah-di-udara-segera-selamatkan-dirimu-S4Yn4aBRPh.jpg Ilustrasi pesawat (dok Freepik)

JAKARTA - Harrison Muray, seorang pilot menjelaskan sederet hal yang akan terjadi jika jendela pesawat pecah di udara.

Melansir The Sun, Muray menjelaskan hal tersebut melalui akun TikTok @pilot_geeza.

Murray memaparkan, ketika kaca di jendela penumpang pecah, proses depresuriasi atau pengurangan tekanan udara bakal terjadi di dalam kabin pesawat. Hal ini disebabkan karena kabin pesawat akan langsung menyamakan kondisi di luar kabin.

infografis

Ketika hal itu terjadi, penumpang cuma punya waktu singkat untuk menyelamatkan diri.

Lebih lanjut, Murray menjelaskan, setiap penumpang harus mengenakan masker oksigen dalam waktu 30-90 detik.

Baca Juga:

 Pilot Maskapai Ini Sering Lakukan Kesalahan Gara-gara Jarang Terbang

Korea Utara Klaim Ayah Kim Jong-un Jadi Penemu Burrito

Berdasarkan laporan majalah Air and Space, setiap pesawat yang terbang pada ketinggian di atas 15.000 kaki diwajibkan memberikan 10 menit oksigen per penumpang.

Sembari penumpang mengenakan masker oksigen, pilot harus dengan sangat cepat menurunkan pesawat untuk melakukan pendaratan darurat.

"Jadi, jika kaca jendela pecah, kamu akan mengalami depresuriasi yang cepat. Kamu akan merasakan kebisingan yang tinggi, suhu di dalam pesawat turun, kabin berkabut, dan rasa tidak nyaman di perut karena gas mengembang," aku Murray.

Murray menyatakan, penumpang akan kehilangan kesadaran dan kecil kemungkinan bisa selamat jika tak menggunakan masker oksigen.

Di lain sisi, pilot tetap berusaha menyelamatkan pesawat tersebut. Murray mengatakan, pilot akan melakukan prosedur pendaratan darurat dan mencari bandara terdekat.

"Di (kabin pilot) depan, kami akan melakukan daftar pemeriksaan, kami akan memasang masker oksigen, menjentikkan sakelar sehingga penumpang juga mendapatkan masker oksigen."

"Kami akan mulai melakukan penurunan darurat, memeriksa semuanya, dan membuat rencana untuk mengalihkan ke bandara terdekat," lanjutnya.

Video ini lantas menuai respon beragam dari netizen. Satu di antaranya menyoroti kemungkinan terburuk, seperti penumpang yang tersedot keluar jendela pesawat.

"Melihat video ini kita tahu, kita tidak akan tersedot keluar dari jendela seperti di film-film Hollywood yang telah membohongi kita," komentar salah seorang netizen.

Murray menjawab, peristiwa ini bukan tidak mungkin bisa saja terjadi. Ia pun mengungkapkan kasus nyata yang pernah terjadi.

"Oh mungkin saja itu terjadi. Beberapa tahun lalu, ada jendela pesawat yang terlepas dan kapten tersedot keluar tapi awak kabin memegangi kakinya," ujar Murray.

Kejadian itu menimpa pilot British Airways bernama Kapten Lancaster. Insiden tersebut terjadi saat ia mengemudikan pesawat pada ketinggian 23.000 kaki. Pilot itu selamat meskipun harus menderita beberapa patah tulang.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini