Jokowi dan PM Singapura Berencana Sambangi Bintan, Angin Segar bagi Pariwisata Kepri?

Antara, Jurnalis · Kamis 13 Januari 2022 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 406 2530831 jokowi-dan-pm-singapura-berencana-sambangi-bintan-angin-segar-bagi-pariwisata-kepri-lKDN1BbIM4.JPG Presiden Jokowi dan PM Singapura, Lee Hsien Loong (Foto: AFP)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) dan PM Singapura, Lee Hsien Loong diagendakan berkunjung ke kawasan pariwisata Lagoi, Kabupaten Bintan, Kepri dalam rangka persiapan kesepakatan Goverment to Goverment 'G to G' pembukaan pariwisata perbatasan antar dua negara tersebut.

"Informasinya tanggal 25 Januari 2022," kata Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Wan Rudi Iskandar, Selasa.

Menurut dia, saat ini dari tim Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar RI di Singapura tengah menyiapkan teknis kunjungan Presiden RI dan PM Singapura ke Bintan.

Baca juga: Pemerintah Ingin Bintan Jadi Percontohan Travel Bubble, Sudah Siapkah?

Ia berharap rencana kunjungan kedua kepala negara tersebut dapat terealisasi, sehingga menghasilkan sebuah kebijakan akan dibukanya pintu wisatawan mancanegara antara Indonesia dan Singapura.

Infografis Wisata Bawah Laut Indonesia

"Mudah-mudahan akhir Januari 2022, pintu perbatasan kedua negara sudah dapat dibuka," ujar Rudi.

Pemprov Kepri juga terus mendorong pemerintah pusat agar akses wisman Indonesia dan Singapura segera dibuka demi pemulihan ekonomi di sektor pariwisata.

Pariwisata Kepri khususnya, kata dia, sangat terdampak pandemi Covid-19. Penutupan pintu perbatasan Indonesia dan Singapura selama pandemi, menyebabkan kunjungan wisman ke daerah itu turun signifikan.

Pihaknya bersama Pemprov Kepri telah mengagendakan sejumlah event wisata internasional tahun 2022, apabila akses wisman Singapura dan Indonesia jadi dibuka.

"Singapura masih menjadi penyumbang kunjungan wisman terbesar ke Kepri, khususnya Bintan. Di samping itu, menjadi salah satu pintu masuk kunjungan wisman berbagai negara ke daerah ini," terang Rudi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini