Share

Pernah Lihat Lubang Kecil di Jendela Pesawat? Ternyata Ini Lho Fungsinya

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Kamis 13 Januari 2022 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 406 2531338 pernah-lihat-lubang-kecil-di-jendela-pesawat-ternyata-ini-lho-fungsinya-2n5M1W9HyN.jpg Jendela pesawat (Unsplash via NZ Herald)

PERNAHKAH Anda melihat lubang kecil yang terdapat di setiap jendela pesawat? Lubang napas itu memiliki peranan yang penting. Tanpa mereka, mungkin ada masalah besar di penerbangan.

Desain aneh itu membantu pesawat untuk menahan perubahan tekanan udara di luar. Itulah mengapa lubang kecil merupakan bagian dari fitur keamanan yang sangat penting.

Baca juga:  Naik Pesawat Jangan Bersandar di Jendela dan Bercelana Pendek, Pramugari Ungkap Bahayanya

Melansir dari The Sun, meskipun terlihat berlubang, celah kecil tidak menembus seluruh panel. Setiap jendela terdiri dari tiga lapisan akrilik yang berbeda, dan hanya bagian tengah yang berisi lubang pernapasan.

 Ilustrasi

Celah kecil membantu mengatur lingkungan bertekanan tinggi di pesawat. Fitur ini juga membuat penumpang dapat bernafas dengan baik.

 Baca juga: Gegara Jendela Pesawat, Penumpang Pria dan Wanita Bertengkar dalam Penerbangan

Pilot Mark Vanhoenacker sebelumnya mengungkapkan, "Dua jendela kabin luar dirancang untuk menahan perbedaan tekanan antara kabin dan langit."

"Baik panel tengah dan luar cukup kuat untuk menahan perbedaannya sendiri, tetapi dalam keadaan normal, panel luarlah yang menanggung tekanan ini, berkat lubang nafas."

Selain vital untuk keselamatan penumpang, lubang nafas memiliki fungsi penting lainnya. Celah kecil memungkinkan uap air keluar dari pesawat, mencegah kabut terbentuk di jendela

Ini bukan satu-satunya hal aneh yang akan Anda temukan di pesawat.

Penumpang yang jeli mungkin melihat segitiga hitam kecil di dinding pesawat mereka. Ini menunjukkan posisi sayap yang paling baik dilihat oleh staf dari dalam pesawat.

Ada juga kait kuning kecil di sayap yang membantu evakuasi staf di atas sayap. Ini digunakan untuk mengamankan dan menambatkan rakit penyelamat ke pesawat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini