Share

Keren! 2 Negara Asia Ini Punya Paspor Terkuat di Dunia, Kalahkan Negeri Adi Daya

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 06:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 406 2531458 keren-2-negara-asia-ini-punya-paspor-terkuat-di-dunia-kalahkan-negeri-adi-daya-uka9iDKemL.JPG Paspor Jepang jadi yang terkuat di dunia (Foto: Globe Document)

SEBUAH firma kewarganegaraan Henley and Partners, yang secara berkala memberi peringkat paspor menurut tingkat kebebasan bepergian yang mereka izinkan bagi warga negara telah menerbitkan indeks pertamanya pada tahun 2022.

Pada peringkat Januari, Jepang dan Singapura berada nomor satu, dengan warga diizinkan mengunjungi 192 destinasi. Sementara Jerman dan Korea Selatan di posisi kedua dengan 190 destinasi.

Indeks tahun ini mengungkapkan tingkat memecahkan rekor kebebasan bagi pemegang paspor teratas di Jepang dan Singapura.

Finlandia, Italia, Luksemburg, dan Spanyol berada di posisi sama, yakni ketiga. Kemudian Selandia Baru dan Amerika Serikat mengungguli Australia di posisi keenam.

Dengan 185 destinasi yang bisa dikunjungi, Australia, Kanada, Republik Ceko, Yunani, dan Malta berada di posisi ketujuh.

Baca juga: Ini 10 Paspor Terkuat di Dunia 2022, Indonesia Posisi Berapa?

Infografis Paspor

Di daftar lainnya, paspor dengan peringkat terendah adalah Afghanistan, di mana hanya diakui oleh 26 negara untuk masuk secara otomatis. Ini merupakan kesenjangan terbesar dalam mobilitas sejak peringkat kekuatan paspor pertama kali disusun 17 tahun lalu.

“Kesenjangan yang semakin terasa dalam mobilitas internasional antara negara-negara kaya dan negara-negara miskin menjadi fokus tajam akhir tahun lalu dengan kedatangan varian Omicron yang sangat menular,” ujar Henley & Partners.

Peringkat Henley and Partners menilai 199 paspor dunia dan memperhitungkan perkembangan dalam perjanjian visa antaryurisdiksi di seluruh dunia.

Indeks ini pertama kali diterbitkan 17 tahun lalu dan dalam ringkasan temuan terbaru. Selain itu, juga mencatat perbedaan yang semakin besar dalam akses perjalanan sejak saat itu.

Henley and Partners mengatakan penanganan Covid-19 telah memengaruhi semua paspor. Padahal tidak semua paspor dirugikan oleh pandemi.

Paspor Inggris dan AS, yang telah melunak di peringkat ke posisi terendah ke-8 dalam peringkat di tahun 2020, telah mendapatkan kembali kekuatannya.

Berikut 10 paspor teratas menurut Henley & Partners Index:

1. Jepang, Singapura (192 destinasi)

2. Jerman, Korea Selatan (190 destinasi)

3. Finlandia, Italia, Luksemburg, Spanyol (189 destinasi)

4. Austria, Denmark, Prancis, Belanda, Swedia (188 destinasi)

5. Irlandia, Portugal (187 destinasi)

6. Belgia, Selandia Baru, Norwegia, Swiss, Inggris Raya, Amerika Serikat (186 destinasi)

7. Australia, Kanada, Republik Ceko, Yunani, Malta (185 destinasi)

8. Hongaria, Polandia (183 destinasi)

9. Lituania, Slovakia (182 destinasi)

10. Estonia, Latvia, Slovenia (181 destinasi)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini