Jangan Pernah Tinggalkan Ponsel Terselip di Kursi Pesawat, Bisa Picu Bahaya!

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 406 2531541 jangan-pernah-tinggalkan-ponsel-terselip-di-kursi-pesawat-bisa-picu-bahaya-2eHTmK7JH0.jpg Ilustrasi pesawat (dok Freepik)

JAKARTA - Seringkali penumpang pesawat dihimbau untuk mematikan ponselnya saat penerbangan. Tetapi sebaiknya kamu jangan pernah meninggalkan ponsel di tempat yang salah karena bisa berbahaya bagi penumpang lainnya.

Melansir Best of Life, kehilangan ponsel saat penerbangan menjadi kejadian yang umum karena bisa saja ponsel terselip di antara kursi pesawat.

"Jika Anda berada di kursi datar yang dikendalikan secara elektrik dari jenis umum yang ada di kelas bisnis, ada sejumlah sudut dan celah dimana ponsel Anda bisa tergelincir di luar jangkauan Anda," kata Patrick Smith, seorang pilot.

infografis

Baca Juga:

Jadi Destinasi Super Mahal, Sederet Wisata di Miami Ini Bisa Dinikmati Gratis

4 Hal Paling Liar Ditangani Pramugari di Pesawat, Nomor 3 Persis Adegan Film Porno

Apabila penumpang membiarkannya tersangkut di kursi ternyata bisa menimbulkan bahaya.

Alex Miller, pakar penerbangan dari pendiri situs perjalanan Upgraded Points memaparkan, ponsel bisa terbakar apabila menempel di kursi selama penerbangan.

"Ponsel bisa menjadi terlalu panas dan menimbulkan bahaya kebakaran," kata Alex Miller.

Bukan hanya teori, namun pada tanggal 23 November 2021 lalu, Administrasi Penerbangan Federal (FAA) melaporkan sebanyak 346 insiden perjalanan udara yang melibatkan asap, api serta panas yang ekstrim atau ledakan baterai lithium.

Beberapa di antaranya disebabkan oleh ponsel yang tertinggal di kursi.

Sementara, pada tahun 2017, ponsel seorang penumpang terbakar di penerbangan maskapai United Airlines setelah jatuh ke kursinya. Lalu pada tahun 2018, penumpang maskapai Delta Airlines harus dipindahkan ke kursi lain dan pramugari mengeluarkan ponsel yang berasap dari sela tempat duduknya. Selanjutnya pada tahun 2019, penerbangan United Airlines berasap saat ponsel penumpang tersangkut di kursi saat pemiliknya sedang tidur.

"Untuk menghindari seluruh skenario ini, hindari meninggalkan ponsel Anda di dekat tepi konsol yang dapat dengan mudah tergelincir atau jatuh," ujar Smith.

Miller pun merekomendasikan agar penumpang selalu memegang ponsel atau meletakkannya di tempat yang aman dan diketahui.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini