Misteri Sosok La Planchada, Hantu Perawat Paling Legenda di Meksiko

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 21:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 406 2531567 misteri-sosok-la-planchada-hantu-perawat-paling-legenda-di-meksiko-mc05pqm6Jz.jpg La Plachanda (Dok Facebook/Old Town Spring Ghost Walk)

MEKSIKO - La Planchada merupakan legenda hantu terkenal di Meksiko. Legenda ini bermula ketika seorang perawat bernama Eulalia bekerja di rumah sakit Juarez di Meksiko pada tahun 1930-an. Seragamnya selalu sangat bersih dan rapi, dan disetrika dengan sempurna. Dia sangat baik dalam pekerjaannya dan pasiennya merasa beruntung berada di bawah perawatannya.

Tetapi segalanya mulai berubah ketika seorang dokter muda yang tampan bergabung dengan staf rumah sakit. Eulalia dan dokter mulai sering bertemu dan tidak lama kemudian dia jatuh cinta padanya. Keduanya bertunangan.

Tak lama setelah pertunangan, dokter pergi untuk menghadiri seminar medis. Yang mengejutkan, dokter tidak kembali pada minggu berikutnya. Seminggu lagi berlalu dan masih belum ada tanda-tanda dokter kembali.

infografis

Baca Juga:

Jangan Lupa Bawa Antiseptik, Ini Daftar 5 Tempat Paling Jorok dan Berkuman di Bandara

Intip Keseruan Dua Putri Ruben Onsu, Thalia & Thania Liburan ke Sukabumi!

Eulalia menjadi semakin khawatir dan merasa yakin hal buruk pasti telah terjadi padanya. Tetapi beberapa minggu kemudian, rumah sakit menerima kabar dari dokter. Sepertinya dia bertemu dengan seorang wanita di kota yang menjadi tuan rumah seminar dan keduanya telah menikah.

Eulalia patah hati dan mengalami depresi berat. Pekerjaannya mulai terbengkalai dan dia mulai mengabaikan pasien yang berada di bawah perawatannya. Akibatnya, salah satu pasiennya meninggal.

Menyadari kesalahannya yang mengerikan, Eulalia jatuh sakit. Dia begitu putus asa dan meninggal.

Setelah kejadian tersebut, hal aneh mulai terjadi. Pasien, perawat, bahkan dokter mulai menemui perawat di area UGD. Beberapa cerita menyatakan bahwa dia tampak bersinar dan mengapung alih-alih berjalan melalui koridor rumah sakit.

Yang lain menyatakan dia tampak berjalan normal, tetapi tidak ada langkah kaki yang terdengar. Staf di rumah sakit memutuskan untuk menyebut penampakan itu 'La Planchada' karena dia selalu tampil mengenakan seragam yang bersih, putih, dan disetrika dengan sempurna.

Menariknya, konon perawat hantu ini akan muncul pada malam hari di bangsal tempat dia meninggal, dan merawat pasien yang tampak terabaikan.

Di pagi hari pasien ini cukup sehat untuk dipindahkan ke ruang perawatan yang tidak terlalu intensif. Ketika ditanya bagaimana perasaan mereka, mereka menjawab, โ€œseorang perawat datang dan menyembuhkan saya.โ€

Orang-orang percaya Eulalia kembali sebagai roh karena rasa bersalah. Sepertinya dia selamanya ditakdirkan untuk membayar kesalahannya dalam hidup. Ada beberapa versi dari cerita ini.

Dalam satu versi disebutkan bahwa perawat itu adalah wanita kejam yang memperlakukan pasiennya dengan buruk, sehingga ketika dia meninggal, hukumannya adalah merawat pasien untuk selamanya.

Dalam versi lain, Eulalia tidak pernah bertunangan dengan dokter. Dia kemudian melampiaskan kekecewaan dan kemarahannya pada pasien, mengakibatkan beberapa dari mereka sekarat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini