Share

Kisah Unik Kampung Bali Bekasi, Diberi Nama Tukang Becak hingga Diresmikan Pejabat

Ahmad Haidir, Jurnalis · Sabtu 15 Januari 2022 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 406 2532038 kisah-unik-kampung-bali-bekasi-diberi-nama-tukang-becak-hingga-diresmikan-pejabat-nY7pLaYqWh.JPG I Made Suma/kiri sesepuh Kampung Bali Bekasi (Foto: MPI/Ahmad Haidir)

BEKASI punya satu tempat unik yang diberi nama Kampung Bali. Di sana Anda dapat menjumpai banyak bangunan rumah dengan arsitektur bergaya khas Pulau Dewata yang dilengkapi dengan ukiran seni patung.

Ternyata penamaan kampung tersebut berasal dari sosok tukang becak yang sering lalu lalang dan mengantarkan penumpang ke tempat yang berlokasi di Jalan Merpati Bali Nomor 49, RT 11/RW 9, Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi itu.

Fakta itu terungkap lewat penuturan I Made Suma (63), salah seorang sesepuh sekaligus orang pertama yang menghuni Kampung Bali Bekasi.

“Nama jalan ini kan Jalan Merpati, nah itu dinamain jadi Merpati Bali. Terus pemukiman kami juga disebut Kampung Bali oleh seorang tukang becak yang sering melintasi tempat ini karena melihat desain rumah kami," kata Made kepada MNC Portal, Kamis, 13 Januari 2022.

Baca juga: Desa Wisata Paling Ciamik di Indonesia, Arborek hingga Kampung Terbersih Sedunia

Sebagai orang yang pertama kali menghuni wilayah tersebut, Made menjelaskan bahwa awalnya tidak ada niatan tertentu untuk membuat sebuah permukiman khusus orang Bali.

Adapun banyaknya warga keturunan Bali yang mendiami tempat tersebut adalah karena banyak kerabatnya sesama perantau dari Pulau Dewata itu yang ingin tinggal berdekatan satu sama lain.

“Awalnya saya dan 2 orang kerabat membeli tanah kavling di sini sekitar tahun 1987, dulu masih alang-alang. Akhirnya karena yang lain ingin berdekatan, jadilah mereka menyusul," jelas Made.

Wayan Agus (38), warga lain yang merupakan putra Pak Made lantas mengungkapkan bahwa penyebutan Kampung Bali Bekasi sendiri secara resmi dilontarkan oleh Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono.

“Setiap pemilihan RT/RW, kita kan selalu mengiringinya dengan pertunjukan budaya. Nah suatu hari Pak Lurah yang tertarik dengan hal itu lantas menyebut bahwa ia akan mengundang Pak Tri (Wawali Bekasi)," kata Wayan.

Baca juga: Wisata Bali Buka Bulan Depan, Yuk Buruan Beli Tiket!

“Saat itu kami kira bercanda, tapi beneran dong Pak Wakil Wali Kota datang. Akhirnya beliau menyaksikan langsung tempat ini beserta prosesi kebudayaan yang biasa kami tampilkan, lalu menyebut tempat ini sebagai Kampung Bali Bekasi," kenangnya menyebut momen yang terjadi pada tahun 2020.

Setelah itu permukiman warga di RT 11 itupun viral dan kini sedikit banyak telah berubah menjadi sebuah destinasi wisata lokal yang banyak dikunjungi warga, meski untuk sekadar ber-swafoto di tempat bernuansa Bali tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini