Share

Jakarta Diguncang Gempa Magnitudo 6,7, Cek Prosedur Penyelamatan Diri

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 406 2532319 jakarta-diguncang-gempa-6-7-m-cek-prosedur-penyelamatan-diri-Lcj83HH3SC.jpg Prosedur Penyelamatan Diri saat Gempa (dok Freepik)

JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,7 mengguncang Banten, Jumat (14/1/2022). Getaran gempa ikut terasa sampai wilayah Jakarta.

Melansir akun Twitter @infoBMKG, gempa terjadi di lokasi 7.01 LS,105.26 BT atau 52 km baratdaya Sumur-Banten dengan kedalaman 10 km.

Menurut BMKG gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Dikarenakan gempa bumi yang terjadi di Indonesia tidak selalu dapat diprediksi dan memberikan waktu kita untuk melakukan persiapan sebelum gempa bumi terjadi, maka tindakan secara spontan yang efektif sangat diperlukan untuk menghadapi gempa bumi.

infografis

Sebuah tindakan efektif di tengah kepanikan dan juga goncangan tanah yang terjadi, akan membantu kita untuk meminimalisir adanya risiko yang ditimbulkan.

Berikut ini adalah beberapa prosedur penyelamatan dari gempa bumi tergantung dari situasinya melansir dari laman BMKG:

1. Jika berada di dalam bangunan

Hal terpenting yang harus diperhatikan oleh seseorang ketika berada di dalam ruangan saat terjadi gempa adalah melindungi badan dan kepala dari risiko reruntuhan dengan berlindung di bawah meja atau tempat manapun yang mampu melindungi. Apabila kondisi memungkinkan, segera lari keluar bangunan.

2. Jika berada di area terbuka

Jika mampu untuk keluar dari ruangan atau sedang berada di luar ruangan, segera menuju ke tanah lapang, menghindar dari bangunan - bangunan, pohon, dan juga tiang listrik di sekitar.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

3. Jika sedang berkendara

Jika sedang berkendara dan gempa bumi tiba – tiba terjadi, segera berhenti dan tinggalkan kendaraan anda. Segera lakukan cara pada poin kedua untuk proses menyelamatkan diri.

4. Jika berada di daerah Pantai

Jika seseorang berada atau tinggal di daerah pantai, segera pergi menjauhi laut, karena ditakutkan akan ada potensi untuk tsunami.

Dengan mengetahui apa yang harus dilakukan pada saat terjadi gempa bumi secara tiba – tiba, masyarakat diharapkan mampu untuk menyelamatkan diri, sehingga angka kematian dan juga potensi luka – luka dapat diminimalisir. Jika mengalami adanya sebuah cedera selama gempa bumi berlangsung, himbau masyarakat untuk bisa melakukan penanganan di fasilitas kesehatan terdekat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini