Share

5 Kawah Dampak Tumbukan Asteroid yang Nyaris Membuat Bumi Kiamat

Yudi Setyowibowo, Jurnalis · Sabtu 15 Januari 2022 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 408 2532060 5-kawah-dampak-tumbukan-asteroid-yang-nyaris-membuat-bumi-kiamat-tv9GFF3JEc.jpg Kawah Chicxulub (dok Denis Sarrazin/NASA Earth Observatory)

JAKARTA - Tumbukan asteroid adalah salah satu kekuatan paling merusak di tata surya.

Di Bumi, tumbukan asteroid sempat membuat sebagian besar kehidupan musnah, yakni di zaman dinosaurus. Kendati begitu tumbukan asteroid yang mematikan kemungkin juga telah melahirkan benih kehidupan segera setelah Bumi lahir.

Efek dari dampak tumbukan asteroid ini bertahan selama miliaran tahun dan dapat disaksikan hingga kini.

Berikut 5 kawah raksasa yang berasal dari tumbukan asteroid yang diketahui di bumi yang dikutip dari Live Science:

1. Kawah Vredefort

Kawah Vredefort merupakan kawah bekas tumbukan asteroid tertua dan terbesar yang ada di Bumi. Menurut perkiraan ilmuwan, kawah yang berada di Afrika Selatan ini berukuran 300 kilometer. Kawah ini hasil tumbukan asteroid yang ukurannya lebih besar dari Table Mountain Afrika Selatan dan menghasilkan kawah raksasa pada 2,2 miliar tahun yang lalu.

Baca Juga:

Kelingking Bali Dinobatkan Sebagai Pantai Terindah di Dunia Versi Instagram

Tak Sediakan Pilihan Tiket Gender X, Maskapai Ini Dinilai Diskriminasi

2. Kawah Sudbury

Kawah Sudbury berada di Ontario, Kanada, dengan lebar mencapai 130 km yang merupakan hasil tumbukan asteroid pada 1,85 miliar tahun yang lalu. Berdasarkan hasil pecahan batu yang ditemukan di Minnesota yang berjarak 800 kilometer, ukuran kawah ini awalnya membentang seluas 260 kilometer. 

3. Kawah Chicxulub

Kawah Chicxulub ditengarai merupakan bukti dari tumbukan asteroid yang memunsnahkan dinosaurus. Lapisan tipis logam iridium eksotis dari dampak meteor telah terdeteksi di seluruh dunia pada kepunahan massal Kapur sebelum Chicxulub ditemukan.

Sekarang, meteorit yang mengukir kawah Chicxulub di Semenanjung Yucatan Meksiko secara luas dianggap telah menyebabkan atau sangat berkontribusi pada kepunahan massal pada akhir Kapur 65 juta tahun yang lalu, termasuk akhir dari dinosaurus. Beberapa ilmuwan memperkirakan kalau kawah asli Chicxulub mungkin lebih besar dari kawah Sudbury di Ontario. Perkiraan diameter aslinya berkisar hingga diameter 240 kilometer dan ukuran saat ini adalah 150 kilometer.

4. Kawah Popigai

Temuan langka terkubur di kawah Popigai Rusia: berlian. Sekitar 35 juta tahun yang lalu, sebuah meteorit menabrak endapan batu grafit yang kaya karbon di Siberia. Tekanan serta suhu yang sangat besar mengubah karbon di kawasan itu menjadi berlian. Kawah tersebut memiliki lebar 100 kilometer dan kini menyimpan cadangan berlian yang sangat besar, menurut pemerintah Rusia.

5. Kawah Manicouagan

Kawah Manicouagan di Quebec adalah salah satu kawah terbesar dan terpelihara dengan baik di planet ini. Kawah selebar 100 kilometer itu berusia sekitar 214 juta tahun.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini