Share

Daftar Tempat Wisata yang Pernah Hancur Karena Bencana Alam

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 17:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 408 2532380 daftar-tempat-wisata-yang-pernah-hancur-karena-bencana-alam-q6WQ6KnmcZ.jpg Jembatan Ponulele Hancur Karena Gempa (Dok iNews)

 JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan 6,7 mengguncang Banten, Jumat (14/1/2022). Getaran gempa terasa sampai wilayah Jakarta.

Gempa bumi dan bencana alam lainnya tak bisa diprediksi.

Berkaca dari  bencana alam beberapa tahun belakangan, sejumlah tempat wisata di Indonesia ternyata sempat hancur karena insiden tersebut.

Dirangkum Okezone, berikut beberapa tempat wisata yang pernah hancur karena bencana alam.

1. Pantai Anyer di Banten

Pantai Anyer mengalami kerusakan parah setelah dihempas tsunami pada tahun 2019. Kondisi tersebut juga berdampak terhadap tingkat hunian hotel di sekitar pantai yang mengalami penurunan.

Sebelumnya pantai ini terlihat eksotis dan indah karena memiliki pasir putih bertekstur halus dan air laut berwarna biru. Surfing dan snorkeling adalah beberapa aktivitas yang disukai para wisatawan dan masyarakat sekitar.

Baca Juga:

Mengerikan, Penumpang Ngamuk dan Rusak Kokpit Pesawat

Jakarta Diguncang Gempa Magnitudo 6,7, Cek Prosedur Penyelamatan Diri

2. Jembatan Ponulele di Palu

Jembatan Ponulele hancur setelah adanya gempa dan tsunami pada tahun 2018. Selain lengkungan, bagian tiang penyangga jembatan yang menghubungkan Palu Barat dan Palu Timur ini juga rusak parah.

Sebelumnya, tempat ini merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia. Tempat ini terlihat sangat unik dan menarik terutama di malam hari karena disorot lampu warna-warni.

3. Gili Trawangan di Lombok

Keramaian dan hiruk pikuk wisatawan menjadi pemandangan sehari-hari Gili Trawangan sebagai salah satu destinasi populer di Nusa Tenggara Barat.

Namun, pascagempa tahun 2018 lalu, keramaian turis di pulau yang daya tariknya populer hingga mancanegara tersebut menjadi sirna. Sejumlah toko, restoran, penginapan, dan rumah banyak yang rusak berat, sementara warga dan pelancong sudah seluruhnya meninggalkan pulau.

Sebanyak 8.381 wisatawan baik domestik maupun asing telah dievakuasi dari Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air.

4. Gunung Rinjani di Lombok

Keindahan Gunung Rinjani sempat hilang setelah diguncang gempa berkekuatan 7 SR pada 2018 silam. Jalur utama pendakian Senaru dan Sembalun yang ada di tempat ini langsung ditutup pasca terjadinya gempa.

5. Pantai Talise di Palu

Gempa dan tsunami meluluhlantakkan kota Palu, Sulawesi Tengah. Pantai Talise menjadi saksi bisu saat gelombang tsunami pada tahun 2018. Sebelum hancur, Pantai Talise adalah spot terbaik untuk menikmati matahari terbenam. Tempat ini tak hanya disukai wisatawan asing, tapi juga penduduk asli Palu.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini