Share

Badai Salju Terjang Amerika, 3 Maskapai Besar Ini Pusing Kena Imbasnya

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Selasa 18 Januari 2022 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 17 406 2533237 badai-salju-terjang-amerika-3-maskapai-besar-ini-pusing-kena-imbasnya-DbLMD7Tlds.JPG Ilustrasi (Foto: Instagram/@delta)

PEMULIHAN industri penerbangan mengalami kemunduran besar pada akhir pekan. Serangkaian badai menghantam Amerika Serikat bagian selatan dan timur. Lebih dari 2.800 penerbangan dibatalkan pada Minggu sore, 16 Januari 2022.

Pukulan terbesar dialami oleh Bandara Internasional Charlotte-Douglas (CLT), hub terbesar kedua American Airlines.

Melansir The Points Guy, Bandara Charlotte pada dasarnya mengalami 'penutupan'. Charlotte telah membatalkan lebih dari 1.200 penerbangan, menurut perusahaan pelacak penerbangan Flight Aware.

American Airlines mengatakan, "Badai musim dingin akhir pekan ini berdampak signifikan pada operasi kami, terutama di Bandara Internasional Charlotte (CLT),".

"Sebagian besar penerbangan yang terkena dampak dibatalkan sebelumnya, sehingga kami dapat secara proaktif memberi tahu dan mengakomodasi pelanggan kami dan menghindari gangguan di menit-menit terakhir di bandara," katanya.

Baca juga: 3 Ribu Karyawan Positif Covid-19, Maskapai Batalkan Ratusan Penerbangan

Infografis Maskapai Penerbangan

Saat ini lebih dari 80 juta orang Amerika berada di bawah peringatan badai musim dingin.

Menurut Flight Aware, American Airlines telah membatalkan 22 persen penerbangannya hari ini, dengan lebih dari 633 penerbangan.

Delta memotong 10 persen atau 240 penerbangan dan Southwest telah memotong 9 persen penerbangannya. Cuaca juga menciptakan dampak hilir, dengan hampir setiap maskapai memotong atau menunda penerbangan Minggu.

American mengaku, jumlah penerbangan yang batal sebenarnya mendekati 1.300. "Kami meminta maaf kepada pelanggan kami yang rencana perjalanannya terpengaruh, dan ingin berterima kasih kepada tim kami yang telah bekerja tanpa lelah untuk membantu kami dalam melayani pelanggan dengan aman," sebut pihak maskapai.

Kabar baik

Maskapai-maskapai besar telah mengumumkan keringanan perjalanan untuk penerbangan yang terkena dampak badai. American Airlines, misalnya, mengizinkan perubahan dan pembatalan gratis untuk lebih dari 20 negara bagian.

“Pelanggan yang melakukan reservasi ke/dari/melalui kota-kota di atas pada tanggal yang sesuai, dapat memesan ulang di kelas layanan asli atau siaga perjalanan (dalam 14 hari dari tanggal perjalanan awal mereka antara pasangan kota asli dan sesuai dengan akomodasi kami) tanpa membayar biaya tambahan," kata Southwest Airlines.

Seorang juru bicara Southwest memberi komentar terkait pembatalan massal pada Minggu. "Kami memiliki 3.300 penerbangan yang dijadwalkan untuk hari ini, sebelum perencana memulai pekerjaan mereka 24-36 jam yang lalu untuk menyesuaikan rencana operasional kami di sekitar geografi yang paling terkena dampak badai musim dingin,".

Baca juga: Jangan Bawel, Begini Cara agar Teman Duduk di Pesawat Nyaman dengan Anda

Infografis Maskapai Penerbangan

Mulai pukul 14.00 waktu setempat, Southwest telah membatalkan 312 penerbangan dan menunda 243 penerbangan lainnya.

Delta mengklaim bahwa mereka telah melakukan sejumlah langkah untuk menangani badai, termasuk membatalkan sekitar 400 penerbangan, menambahkan pengabaian cuaca dan memposisikan karyawan di bandara dan hotel bandara.

"Dari penerbangan pelanggan yang terkena dampak, lebih dari 85% telah diberikan jadwal penerbangan baru dalam waktu delapan jam dari penerbangan asli mereka," ujar Juru Bicara Delta, Anthony Black.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini