Share

Wajib Daftar Online, Pengunjung Alun-Alun Surabaya Dibatasi 100 Orang per Setengah Jam

Antara, Jurnalis · Selasa 18 Januari 2022 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 17 406 2533279 wajib-daftar-online-pengunjung-alun-alun-surabaya-dibatasi-100-orang-per-setengah-jam-PKZ3gBBg3G.JPG Alun-Alun Kota Surabaya (Foto: Instagram/@rivaldo_.sihombing)

DINAS Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, serta Pariwisata Kota Surabaya, Jawa Timur berupaya mengatur kunjungan wisatawan dengan mewajibkan wisatawan yang hendak mengunjungi tempat wisata di wilayahnya melakukan pendaftaran via daring atau online.

​​​​​​"Yang terjadi di Alun-Alun Surabaya akhir-akhir ini, sekali dibuka banyak sekali pengunjungnya. Supaya terkontrol serta in (masuk) dan out-nya (keluarnya) jelas, maka kami dibuatkan jadwal melalui laman tiketwisata.surabaya.go.id sebelum wisatawan datang ke alun-alun," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, serta Pariwisata Kota Surabaya, Wiwiek Widayati.

Dijelaskannya, pengunjung tempat wisata harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir digital di laman tiketwisata.surabaya.go.id kemudian mengunduh atau membuat tangkapan layar formulir pendaftaran untuk ditunjukkan kepada petugas di pintu masuk tempat wisata.

Baca juga:Β Jembatan Merah Bisa Jadi Kawasan Wisata Heritage Surabaya

Infografis Wisata Kebun Raya di Indonesia

Ketentuan itu mulai Kamis, 14 Januari 2022 diberlakukan bagi wisatawan yang hendak mengunjungi di Alun-Alun Surabaya, yang dibuka dari pukul 09.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, serta Pariwisata Kota Surabaya membatasi jumlah pengunjung Alun-Alun Surabaya maksimal 100 orang dalam waktu 30 menit. Setelah itu, petugas akan mengarahkan wisatawan yang masih berada di Alun-Alun untuk keluar.

"Petugas akan memberi tahu wisatawan secara humanis untuk keluar, kecuali untuk anak-anak yang main skateboard ya. Yang diubah aturannya kan untuk yang berkunjung di area galeri seni. Setelah semua keluar, area galeri kita sterilkan selama 10 menit menggunakan cairan disinfektan," terang Wiwiek.

Wiwiek menambahkan, wisatawan yang berkunjung ke Alun-Alun Surabaya juga diwajibkan menerapkan protokol kesehatan dan memindai barcode menggunakan aplikasi PeduliLindungi saat hendak masuk alun-alun.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Museum dan Gedung Seni Balai Budaya Surabaya, Saidatul Ma’munah menjelaskan, warga bisa memilih jadwal kunjungan melalui laman tiketwisata.surabaya.go.id.

"Perubahan aturan ini kan hasil dari asesmen ulang setelah awal alun-alun ini dibuka ternyata kok membeludak, jadi kami terapkan setiap setengah jam 100 orang. Pendaftarannya bebas biaya," ujar Saidatul. (PUT)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini