Share

Tonga, Kerajaan Kecil di Pasifik yang Luluh Lantak Diterjang Tsunami

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Senin 17 Januari 2022 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 17 406 2533493 tonga-kerajaan-kecil-di-pasifik-yang-luluh-lantak-diterjang-tsunami-mBd6IgBIRw.JPG Tonga, kerajaan kecil di Pasifik yang luluh lantak diterjang tsunami akibat erupsi gunung berapi (Foto: nationsonline.org)

NEGARA kecil di Pasifik, Tonga luluh lantak diterjang tsunami akibat letusan gunung api bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha’apai. Tsunami itu juga menerjang pantai di Jepang.

Tsunami setinggi 1,2 meter atau sekitar empat kaki mencapai pulau selatan terpencil Amami Oshima sekitar pukul 11.55 waktu setempat.

Gunung berapi bawah laut di Tonga meletus pada Sabtu pekan lalu. Dalam sebuah unggahan di media sosial, tersebar foto yang menunjukkan gelombang pasang yang menghantam rumah-rumah.

Tonga sendiri merupakan sebuah negara kerajaan kecil di Pasifik selatan dengan luas 750 kilomoter persegi.

Memiliki nama resmi Kerajaan Tonga, negara ini terdiri atas 177 pulau, di mana sebesar 70 persen penduduknya mendiami Pulau Tongatapu.

Baca juga: Daftar Tempat Wisata yang Pernah Hancur Karena Bencana Alam

Erupsi Gunung Berapi di Bawah Laut Tonga

(Foto: CIRA/NOAA via Reuters)

Sementara itu, pulau utama di Tonga ada tiga, yaitu Tonga di selatan, Vava’u di utara, dan Ha’apai di pusat.

Penduduk setempat di Tonga dikenal karena keramahannya. Sebab itu, Tonga disebut sebagai kepulauan yang ramah.

Perekonomian orang Tonga ditopang sektor perkebunan dan pertanian. Tanaman utamanya adalah kelapa, kacang vanili, umbi-umbian, pisang, dan biji kopi.

Ada juga tanaman lainnya, seperti sukun, nanas, talas, singkong, semangka, dan jagung. Meski begitu, lahan tanah di Tonga umumnya milik monarki. Dan perkebunan besar di negara itu sudah dibagi di antara para bangsawan.

Tsunami Tonga

(Foto: Instagram/@karmagawa)

Selain itu, sektor perekonomian Tonga juga dihasilkan dari peternakan, pariwisata, dan produksi kayu.

Dalam kehidupan sehari-hari, orang Tonga mendapat pengaruh dari tradisi Polinesia. Ini juga karena sebagian besar penduduk Tonga merupakan keturunan Polinesia. Adapun raja yang memimpin Tonga saat ini adalah Tupou VI.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini