Share

Yogyakarta Jadi Tuan Rumah Forum Pariwisata ASEAN 2023, Sandiaga Uno Singgung Borobudur

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 18 Januari 2022 06:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 406 2533699 yogyakarta-jadi-tuan-rumah-forum-pariwisata-asean-2023-sandiaga-uno-singgung-borobudur-s9n44Yo1HO.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Dok. Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno bangga, karena Indonesia secara resmi menerima tongkat estafet dari Kamboja kepemimpinan dalam ASEAN Tourism Forum (ATF) untuk periode 2023.

Sandi mengatakan, amanat ini diserahkan Kamboja dalam perhelatan ATF 2022 yang diselenggarakan di Sihanoukville, Kamboja.

"Jadi, kami menerima tongkat estafet keketuaan Asean Tourism Forum untuk satu tahun ke depan. Rencananya kami akan menyiapkan beberapa kegiatan berkaitan keketuaan kita di Asean Tourism Forum yang nanti puncak acaranya pada Januari 2023 di Yogyakarta," ujarnya dalam Weekly Press Briefing.

Baca juga: Sandiaga Uno Minta Desa Wisata Maksimalkan Potensi SDA dan Ekraf

Menurutnya, dengan ditunjuknya Indonesia sebagai ketua penyelenggara ATF 2023 di Yogyakarta diharapkan dapat menjadi puncak momentum pemulihan perekonomian nasional dan regional, pembukaan lapangan kerja, dan menjadi pertimbangan dalam mengembangkan kebijakan yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu.

Mantan Wagub DKI Jakarta itu berharap, sebagai ketua, Indonesia di ASEAN Tourism Forum ini akan semakin menyiapkan untuk kebangkitan ekonomi dan juga peluang-peluang ekonomi ini, serta juga akan diikuti dengan terbukanya lapangan pekerjaan yang sudah dibutuhkan oleh sektor pariwisata.

Dikatakan Sandi, penunjukan Yogyakarta yang berlokasi relatif dekat dengan DSP Borobudur ini diharapkan dapat memberikan kesan yang mendalam bagi para delegasi negara-negara ASEAN yang datang berkunjung.

Terutama bagi anggota delegasi asal Kamboja, Laos, Thailand, dan Vietnam yang mayoritas beragama Buddha.

"Mudah-mudahan Borobudur ini tidak hanya menjadi destinasi yang populer, namun juga penuh makna. Terutama untuk pasar-pasar seperti Kamboja, Laos, Thailand, dan Vietnam karena ada banyak umat Buddha di negara-negara tersebut," tuntasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini