Share

5 Negara Terbersih di Dunia, Nomor 1 Favorit Wisatawan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 19 Januari 2022 06:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 408 2534218 5-negara-terbersih-di-dunia-nomor-1-favorit-wisatawan-mo6vMU1mrS.jpg Swiss (Freepik)

KEBERSIHAN memang sebagian dari iman. Ya, pada dasarnya, tingkat kebersihan berbanding lurus dengan tingkat kesehatan. Semakin bersih suatu wilayah, maka akan semakin tinggi pula tingkat kesehatannya, dan begitu juga sebaliknya.

Lebih luas lagi, tingkat kebersihan suatu wilayah atau negara juga akan berpengaruh terhadap tingkat produktivitas dan kebahagiaan masyarakat di suatu negara.

Lembaga Environmental Peformance Index melakukan penelitian dengan membuat daftar 5 negara terbersih di dunia. Kira-kira negara manakah yang termasuk di dalamnya? Yuk simak!

Swedia

Swedia merupakan salah satu negara di Semenanjung Skandinavia yang mempunyai karakter bersih, damai, dan berkembang dengan baik.

Baca juga: Dear Traveler, Ini 5 Kota Terbersih di Dunia

Swedia menempati urutan ke 5 sebagai negara terbersih di dunia dengan skor sebesar 80.51. Beberapa di antaranya bahkan berpendapat negara ini seharusnya menempati peringkat pertama.

 

Pemerintah negara Swedia melalui peraturan-peraturannya turut berperan dalam menjaga lingkungan agar lebih bersih dan meningkatkan penghijauan di Swedia.

Peraturan tersebut antara lain meliputi penggunaan energi terbarukan serta menetapkan kebijakan tentang daur ulang sampah. Swedia diakui mempunyai sistem daur ulang sampah yang paling efisien.

Malta

Malta menempati urutan ke 4 sebagai negara terbersih di dunia dengan skor sebesar 80.90. Hal tersebut tidak lepas dari peran pemerintah Malta dalam upayanya untuk menjaga kebersihan lingkungan. Sebuah negara kepulauan yang relatif kecil dengan luas wilayah sekitar 316 km.

 Ilustrasi

Malta

Selain itu, wilayah Malta dikelilingi oleh Laut Mediterania. Negara ini terkenal dengan laut dan pantai. Struktur wilayah daratan Malta adalah pegunungan yang terdiri dari bebatuan kapur. Meskipun tidak mempunyai hutan dan sungai, negara ini memiliki kualitas udara yang sangat bagus dan dijaga kebersihannya.

 Baca juga: Deretan Sarapan Termahal di Dunia, Nomor 5 Harganya Capai Rp3,3 Miliar

Denmark

Denmark adalah sebuah negara kepulauan yang berada di Semenanjung Skandinavia. Negara ini mempunyai luas wilayah sekitar 42.933 km, dan menempati peringkat ke 3 negara terbersih di dunia dengan skor sebanyak 81.60.

Ilustrasi

Copenhagen, Denmark (Flickr)

Menurut beberapa survei yang berbeda, Denmark juga merupakan salah satu dari negara-negara paling bahagia di dunia.

Nilai lebih dari negara ini adalah penekanan terhadap kebijakan penggunaan energi terbarukan sehingga membuat lingkungannya tetap terjaga. Orang-orang Denmark juga terkenal ramah dan suka bersosialisasi. Mereka suka menampilkan senyum di wajahnya.

Prancis

 

Prancis adalah negara yang terletak di bagian barat Benua Eropa. Negara ini juga merupakan negara terbesar ketiga di Eropa dengan luas wilayah sekitar 640.679 km.

Meskipun wilayahnya terbilang besar dan jumlah penduduk yang relatif lebih banyak dibandingkan negara Eropa lain, hal tersebut tidak berpengaruh negatif terhadap kebersihan negara tersebut.

Terbukti Prancis menempati peringkat ke 2 sebagai negara terbersih di dunia dengan skor sebesar 83.95. Prancis menjadi salah satu negara paling ramah lingkungan dan paling rapi di dunia. Negara ini menerima penilaian skor tertinggi pada kualitas udara, sanitasi air, dan perikanan.

 Ilustrasi

Swiss

 

Swiss mendapat peringkat pertama sebagai negara terbersih di dunia dengan mengalahkan 179 negara lain dalam hal kebersihannya. Swiss mendapatkan skor sebesar 87.42.

Nilai tambah dari negara ini adalah hutannya yang masih terjaga, margasatwa, dan kualitas air yang aman dan bersih. Swiss merupakan negara yang mampu memaksimalkan pemanfaatan sumber dayanya, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia.

60 persen dari kebutuhan listrik di negara ini memanfaatkan pembangkit listrik tenaga air. Negara ini juga menjadi salah satu yang mendapatkan pendapatan per kapita tertinggi di dunia. Keindahan alam di Swiss juga menjadikan negara ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini