Share

Penumpang Ngeyel Lepas Sabuk Pengaman saat Lampu Menyala, Pramugari: Alasannya Kencing!

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Jum'at 21 Januari 2022 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 406 2534886 penumpang-ngeyel-lepas-sabuk-pengaman-saat-lampu-menyala-pramugari-alasannya-kencing-fBAIIl1F4U.JPG Ilustrasi (Foto: Head Topics)

TANDA sabuk pengaman (set belt) akan menyala ketika pesawat segera lepas landas (take off) atau mendarat (landing).

Penumpang wajib memasang sabuk pengaman mereka selama momen ini berlangsung. Lalu bagaimana jika penumpang melepas sabuk pengaman mereka?

Dilansir dari The Sun, tindakan tersebut termasuk ilegal. Penumpang yang mengabaikan tanda tersebut berarti melanggar persyaratan hukum.

Otoritas Penerbangan Sipil menegaskan, itu adalah persyaratan hukum bagi penumpang untuk mengenakan sabuk pengaman mereka saat lampu menyala.

Namun, seorang pramugari tidak akan menghentikan penumpang turun dari kursi jika mereka pergi ke kamar mandi.

Seorang pramugari dengan pengalaman 13 tahun, Annette Long, mengatakan, "Ketika (lampu) tanda sabuk pengaman menyala tetapi penerbangan mulus, beberapa orang tidak mendengarkan," katanya.

Baca juga: 4 Potret Cantik Pramugari Chaya Bikin Mata Susah Kedip

Infografis Pesawat

"Ya, aku tidak akan memaksamu secara fisik untuk berhenti. Aku hanya akan memberitahumu karena itu adalah tugasku. Kapten (pilot) masih memasang sabuk pengamannya dan aku pikir itu (melepas sabuk pengaman/seat belt) tidak aman bagi (penumpang)," jelasnya.

Meskipun tidak aman, biasanya penumpang tetap beralasan untuk pergi ke kamar mandi.

"Mereka biasanya berkata, 'Saya hanya ingin buang air kecil'. Oke, baik. Anda orang dewasa, Anda yang membuat keputusan itu," kata Annette.

Menurut Annette, penumpang seharusnya mengikuti instruksi yang diberikan awak kabin. "Jika pramugari duduk dengan sabuk pengaman mereka, lebih baik Anda harus memakainya juga," tambahnya.

Sebagai pramugari, ia mengaku bertanggung jawab atas keselamatan penumpang. Annette mengkhawatirkan seseorang yang tidak mendengarkan instruksi dan melakukan tindakan yang salah.

Sementara, sorang pilot menegaskan, penumpang harus tetap duduk ketika tanda sabuk pengaman menyala. Namun penumpang sering kali tidak peduli dengan perintah itu.

"Itu terjadi, begitu sering, sehingga sayangnya, tidak didengar," ujar Kapten John Cox kepada USA Today.

"Para pramugari mencoba memberikan pengingat bahwa tanda sabuk pengaman menyala," imbuhnya.

Baca juga: Terungkap, Inilah Kursi Terburuk di Pesawat Paling Tak Diinginkan Penumpang

Infografis Pesawat

"Kapten akan mengaktifkannya ketika ada kemungkinan turbulensi. Turbulensi tidak dapat diprediksi dan seringkali tidak akan terjadi. Hal ini menyebabkan orang percaya bahwa tidak ada risiko. Ini adalah keyakinan yang salah," tuturnya.

Jika tanda sabuk pengaman menyala, itu artinya penumpang harus tetap di tempat duduknya.

"Jika alasan fisiologis membuat kunjungan ke toilet penting, penumpang harus menanggung risikonya," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini