Share

Omicron Mengganas, Menko Luhut: Jangan ke Luar Negeri Kalau Tidak Penting!

Antara, Jurnalis · Kamis 20 Januari 2022 08:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 406 2534899 omicron-mengganas-menko-luhut-jangan-ke-luar-negeri-kalau-tidak-penting-LUBqZAU3wV.JPG Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Instagram/@luhut.pandjaitan)

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memperingatkan masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri jika tidak terlalu penting.

"Upayakan jangan ke luar negeri jika tidak penting sekali, karena sampai hari ini penularan kasus Covid-19 varian Omicron terbanyak itu berasal dari luar negeri," kata Luhut Binsar Pandjaitan di Jambi.

Luhut menjelaskan sampai dengan minggu ke tiga bulan Januari 2022 sudah ada 1.000 lebih kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia. Dan sebagian besar penularan kasus Covid-19 varian Omicron tersebut berasal dari luar negeri.

Imbauan untuk tidak ke luar negeri tersebut disampaikan Luhut karena kasus Covid-19 varian Omicron di luar negeri saat ini sedang meningkat.

Baca juga: Menko Luhut: Semua Tempat Wisata Harus Dilengkapi Aplikasi PeduliLindungi

Selama dua sampai tiga pekan ke depan diharapkan masyarakat Indonesia untuk tidak melakukan perjalananan ke luar negeri.

"Hari ini saya dapat laporan bahwa satu kloter pesawat kedatangan dari luar negeri 44 persen penumpangnya tertular Covid-19 varian Omicron, maka dari itu patuhi aturan dari pemerintah dan jangan dulu ke luar negeri," kata dia.

Omicron di Indonesia sudah ada sejak tanggal 8 November, dan puncaknya di perkirakan pada minggu ke dua dan ke tiga bulan Februari.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Ia pun mengimbau masyarakat juga diimbau untuk disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Dengan menerapkan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan di air mengalir menggunakan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas akan dapat terhindar dari penularan Covid-19.

"Omicron adalah kasus bersama, penularannya tidak memandang jabatan, pangkat dan sebagainya, maka dari itu mari bersama-sama menjaga dan patuhi aturan agar terhindar dari penularan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini