Share

4 Paspor Paling Langka di Dunia, Tak Bisa Dibeli dengan Uang

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Jum'at 21 Januari 2022 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 406 2535345 4-paspor-paling-langka-di-dunia-tak-bisa-dibeli-dengan-uang-VqBZeDwYXx.jpg Paspor (Tetra Images/Getty Images via Travel+Leisure)

PASPOR jadi syarat penting untuk melakukan perjalanan ke luar negeri bagi masyarakat biasa. Meski sama-sama berlaku sebagai dokumen identitas, tapi paspor punya nilai berbeda tergantung negara penerbit. Tetapi ada beberapa paspor memiliki keunggulan yang unik.

Melansir dari News.com.au, berikut paspor paling langka di dunia yang tak bisa dibeli dengan uang :

Paspor Singapura

Paspor Singapura adalah kertas yang cukup diminati. Selain itu, paspor ini masuk dalam daftar paspor paling kuat di dunia, dimana pemiliknya diberikan akses ke 192 negara bebas visa.

Baca juga: Ini 10 Paspor Terkuat di Dunia 2022, Indonesia Posisi Berapa?

Paspor Singapura bernilai $2,7 juta, bagi mereka yang memiliki uang tunai.

Paspor diplomatik

Beberapa paspor hanya bisa didapatkan jika Anda memiliki pekerjaan atau jabatan, contohnya paspor diplomatik.

 ilustrasi

Paspor diplomatik adalah dokumen perjalanan yang digunakan oleh beberapa negara untuk membantu pejabat dan pegawai negeri mereka melintasi dunia. Contoh negara yang mengeluarkan paspor diplomatik adalah Selandia Baru.

Pemegang paspor sering mendapat manfaat dari 'Imunitas Diplomatik'. Beberapa negara tuan rumah akan memiliki peraturan bahwa pemegang dan keluarga mereka akan dibebaskan dari beberapa undang-undang.

 Baca juga: Geger Paspor Ditulis Nomor Hp, Ini Langkah yang Bisa Kamu Lakukan

Pemegang paspor diplomatik juga dibebaskan dari sebagian besar pembatasan perjalanan Covid, untuk membantu pegawai negeri menavigasi pandemi.

Paspor Khusus

Negara lain membuat dokumen perjalanan sedikit lebih kreatif, Kanada misalnya. Negara itu mengeluarkan paspor khusus berwarna hijau dan paspor diplomatik berwarna merah cerah.

Paspor Pekerjaan

Beberapa pekerjaan memiliki jenis paspor mereka sendiri. Di Inggris, kurir diplomatik resmi memiliki paspor QMS, singkatan dari Queen's Messenger Service.

Sesuai dengan judulnya, paspor dari kurir kelas tinggi ini memberikan hak kepada pemiliknya untuk melintasi perbatasan secara tepat waktu dengan membawa materi diplomatik rahasia.

Tukang pos kerajaan bukan satu-satunya yang memiliki paspor profesional. Beberapa organisasi internasional memiliki pass mereka sendiri.

 

Tidak semua orang membutuhkan paspor untuk bepergian ke luar negeri.

Tahukah Anda bahwa Ratu Inggris tidak membutuhkan paspor untuk pergi ke luar megeri? Ratu Inggris dibebaskan dari yang namanya membawa paspor. Namun, ada beberapa kasus lain di mana formalitas paspor tidak diperlukan.

Pekerja pertahanan yang bertugas aktif di luar negeri juga diperbolehkan melintasi perbatasan dengan transportasi militer tanpa dokumen perjalanan. Contoh kasusnya adalah kontingen 55, nggota DART Singapura (Tim Bantuan & Penyelamatan Bencana) yang datang ke Christchurch segera setelah gempa 2011.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini