Share

Mau Diterima Sekolah Pilot, Penuhi Syarat Ini Demi Gapai Mimpimu

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 22 Januari 2022 03:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 21 406 2535474 mau-diterima-sekolah-pilot-penuhi-syarat-ini-demi-gapai-mimpimu-7BZETopD5d.JPG Ilustrasi (Foto: Naibuzz.com)

PILOT merupakan salah satu profesi yang diincar banyak orang. Meskipun pekerjaan ini penuh risiko, namun pengalaman yang akan pilot dapatkan sangatlah banyak.

Mulai dari melakukan perjalanan sesuai dengan rute penerbangan, mengendalikan pesawat yang begitu besar di tengah udara, merasakan sensasi berada di ketinggian, serta belajar banyak hal di rute tujuan.

Karenanya, banyak dari mereka yang rela untuk menempuh pendidikan pilot supaya bisa meraih cita-cita untuk melakukan pekerjaan bergengsi itu. Akan tetapi, ternyata sekolah pilot tidak semudah dengan sekolah lainnya.

Dirangkum MNC Portal dari laman sekolah-pilot.com, berikut adalah beberapa syarat yang harus Anda lakukan supaya diterima di sekolah pilotmanapun sesuai keinginan Anda.

Budget cukup

Biasanya ini adalah alasan utama mengapa tidak semua orang bisa pergi ke sekolah pilot meskipun mereka sangat menginginkannya. Pasalnya, sekolah pilot membutuhkan biaya yang fantastis. Estimasi biaya yang akan Anda keluarkan selama menempuh pendidikan ini adalah sekitar Rp900 jutaan.

Baca juga: 4 Pilot Terpopuler di Indonesia, Nomor 1 Pernah Heboh karena Kisruh Rumah Tangga

Karenanya, coba bicarakan tentang keinginan Anda masuk sekolah pilot ke orang tua sejak dini karena jika mereka setuju, mereka bisa menyiapkan dana sejak dini. Apabila orang tua Anda menyanggupi perihal biaya, Anda bisa lanjut ke persiapan berikutnya.

Kemampuan berpikir

Otak akan Anda diperas habis-habisan ketika menempuh pendidikan di sekolah pilot. Anda harus pandai memainkan logika. Anda juga harus lulus tes psikotes, tes akademik, tes aptitude, atau ADAPT test, dan kemampuan bahasa Inggris yang cukup baik.

Jika Anda merasa kurang di satu bidang, ambilah pelajaran tambahan/kursus jauh-jauh hari. Selain itu Anda bisa ikut try out TOEIC dan psikotest agar Anda bisa mengukur sejauh mana kemampuan saat ini.

Sehat jasmani dan rohani

Sehat maksudnya sehat secara jasmani dan rohani (kejiwaan). Untuk membuktikan sehat/tidak, Anda harus mengikuti tes MEDEX, meliputi mata, pendengaran, gigi, jantung, serta punya berat badan ideal. Karenanya, jagalah kesehatan Anda sejak dini

Siap berkompetisi

Semua orang mungkin mau menjadi pilot, tapi tidak semuanya mampu menjadi pilot. Maka dari itu, setiap sekolah biasanya mengadakan tes seleksi masuk (tes medex, tes TOEIC, psikotes, aptitude, akademik) untuk memisahkan orang yang sekedar mau dan mampu.

Bahkan di sekolah tertentu, ada ratusan orang yang daftar sehingga kompetisinya menjadi berat. Yang penting, Anda harus gigih dan tetap semangat jika memang benar-benar ingin menjadi pilot. Karena jika sudah bekerja, semua pengalaman indah akan menanti Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini