Share

Awas, Jangan Pernah Pakai Barang Ini saat Anda Menginap di Hotel

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 23 Januari 2022 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 22 406 2536014 awas-jangan-pernah-pakai-barang-ini-saat-anda-menginap-di-hotel-W1pZCOIRSr.JPG Ilustrasi (Foto: iStock)

HOTEL menjadi alternatif banyak orang untuk berlibur dengan nyaman dan tenang. Kamar tidur yang dipesan lengkap bersama fasilitas yang ditawarkan.

Tapi ternyata di balik segala kenyamanan dan kemudahan yang ditawarkan, jangan sampai terlena loh! Karena ada satu barang yang disarankan para ahli untuk tidak dipakai selama Anda menginap di hotel.

Mengutip Bestlifeonline, para ahli memperingatkan untuk jangan pernah menggunakan alat pembuat kopi yang terdapat di kamar hotel Anda.

Meskipun mungkin tampak seperti fitur yang nyaman dan mudah, para ahli memperingatkan bahwa barang satu ini terlarang untuk dipakai karena mengingat betapa kotornya coffee maker tersebut.

Dari studi penelitian, ditemukan bahwa coffee maker di kamar hotel penuh dengan bakteri. Pembersihan simpel biasanya memang membuat permukaan luar mesin pembuat kopi terlihat bersih, tapi nyatanya melalui pengamatan di bawah mikroskop menemukan bahwa coffee maker di kamar hotel penuh dengan kuman.

Baca juga: Aneh, Hotel Megah Ini Tidak Pernah Punya Tamu Sejak Pertama Kali Dibangun

Infografis Hotel Luar Angkasa

Travel and Leisure melaporkan dalam studi tersebut, para peneliti dari University of Valencia mengambil sampel dari sembilan mesin kopi instan Nespresso yang berbeda yang telah digunakan selama satu tahun di ruang-ruang komunal. Hasilnya? Ditemukan sampai 67 strain bakteri.

“Hasilnya memperlihatkan adanya komunitas bakteri yang bervariasi di semua mesin sampel. Kami telah mengidentifikasi 35 hingga 67 strain berbeda di masing-masing dari kuantitas sedang sampai sangat banyak, termasuk strain yang berkaitan dengan infeksi saluran kemih dan pneumonia,” lapor penelitian tersebut.

Puluhan bakteri yang tersembunyi di mesin pembuat kopi ini, disebutkan lebih lanjut salah satunya dipicu dari pengendapan kapsul kopi pasca digunakan.

“Hasil penelitian kami menunjukkan untuk pertama kalinya, bahwa pelindian kopi dari mesin kapsul standar adalah substrat yang kaya untuk pertumbuhan bakteri. Dengan adanya genera bakteri dengan sifat pathogen, sangat perlu ada pemeliharaan wadah kapsul mesin ini secara berkala,” tambah jurnal studi Universitas Valencia.

Coffee Maker

(Foto: iStock)

Dalam studi tersebut juga didapati ternyata kemungkinan teko kopi yang ada di lobi hotel atau restoran juga bukan jadi pilihan yang lebih baik. Terlebih pada situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini, justru bisa kotor dengan sendirinya.

“Dalam mempelajari penyebaran virus pelacak, kami menemukan bahwa pegangan teko kopi di break room adalah salah satu barang pertama yang terkontaminasi virus," ujar profesor mikrobiologi dan ilmu lingkungan di University of Arizona, Charles Gerba, PhD.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini