Share

20 Hal Dibenci Pilot dari Pekerjaannya, Jadwal Tidur yang Aneh hingga Tak Suka dengan Orang Kaya

Andaru Danurdana, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 11:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 23 406 2536377 20-hal-dibenci-pilot-dari-pekerjaannya-jadwal-tidur-yang-aneh-hingga-tak-suka-dengan-orang-kaya-77ThAb5PLi.jpg Ilustrasi pilot (dok Freepik)

JAKARTA - Profesi pilot hingga kini masih dianggap sebagai profesi yang prestisius dan bisa menghasilkan uang banyak.

Padahal, menurut banyak pilot yang sudah makan asam-garam penerbangan, ada hal yang membuat pekerjaan mereka sungguh tak mengenakkan.

Melansir The Travel, berikut hal yang dibenci pilot dari pekerjaannya:

1. Gajinya Tak Besar-Besar Amat

Meski dipandang sebagai pekerjaan orang kaya, rupanya hampir semua pilot di seluruh dunia setuju bahwa gaji mereka di masa kini hampir tak ada bedanya dengan pegawai kantoran di perusahaan besar biasa.

2. Penerbangan Membosankan

Layaknya supir bis atau supir truk, perjalanan udara adalah hal yang sangat membosankan dan melelahkan untuk pengemudinya. Namun, berbeda dengan supir kendaraan darat, para pilot tak punya kesempatan mampir ke warung atau melihat pemandangan yang penuh ragam di angkasa.

3. Bandara Itu Membosankan

Selain penerbangan, pilot juga sejatinya benci dengan bandara yang penuh tunggu-menunggu. Seringkali pilot harus mencari penginapan atau rumah makan di luar bandara untuk rileks dan menjauh dari lokasi pekerjaan yang selalu ramai.

infografis

Baca Juga:

Pesawat Delay? Traveler Harus Hindari Lakukan Tindakan Ini

Bicara Soal SDM Pariwisata, Sandiaga Uno: Jadilah Tuan Rumah di Negeri Sendiri

4. Penundaan Penerbangan

Siapa sih, yang suka ditunda-tunda? Tak hanya penumpang pesawat, rupanya pilot juga benci dengan penundaan penerbangan yang terkadang disampaikan maskapai secara semena-mena. Penundaan penerbangan dianggap para pilot sebagai penghalang waktu istirahat karena mereka harus menghabiskan waktu dalam pesawat lebih lama dari perkiraan.

5. Tak Bisa Jalan-Jalan

Punya banyak pengalaman ke luar negeri, bukan berarti pilot punya banyak pengalaman berwisata. Sebagai pekerjaan yang cukup sibuk dan penuh penundaan, seringkali pilot tak punya kesempatan untuk jalan-jalan di tempat yang mereka datangi.

6. Banyak Menghabiskan Waktu di Ruang Tunggu

Kenapa para pilot tak bisa jalan-jalan? Karena mereka harus selalu siap sedia dan menanti perjalanan mereka selanjutnya di ruang tunggu. Sama seperti yang dirasakan penumpang, menunggu penerbangan selanjutnya bagi para pilot adalah momen yang penuh kekhawatiran.

7. Ruangan Khusus Awak Pesawat

Di tiap bandara, ada sebuah ruangan khusus awak pesawat dimana para pilot seharusnya bisa bersantai. Namun, dengan banyaknya penerbangan masa kini, ruangan khusus ini selalu ramai dan ribut sampai-sampai tak bisa menjadi tempat santai seperti yang dijanjikan.

8. Kehilangan Momen Liburan

Seperti diketahui, musim liburan adalah musim yang paling banyak mencetak penjualan tiket pesawat. Itu artinya, para pilot harus bekerja lebih keras di momen-momen liburan ini; membuat mereka harus menjauh dari keluarga demi mempertemukan keluarga orang lain.

9. Kehilangan Momen Bersama Keluarga

Bukan cuma kehilangan momen liburan, para pilot juga seringkali melewatkan momen-momen indah bersama keluarga. Salahsatu risiko pekerjaan mereka adalah melewatkan masa perkembangan anak dan ulang tahun mereka.

10. Tak Suka Terbang Gratis

Meski punya jatah penerbangan gratis, tak banyak pilot yang mau mengambil kesempatan cuma-cuma itu. Bagi kebanyakan pilot, berada di angkasa sebagai penumpang itu tak jauh berbeda dengan pekerjaan mereka sehari-hari. Hal ini membuat mereka seringkali stres.

11. Harus Senantiasa Hati-Hati

Pilot bukan cuma harus berhati-hati di langit tapi juga harus hati-hati sehari sebelum mereka mengangkasa. Alhasil, kebanyakan pilot selalu merasa perlu meluangkan satu hari liburan mereka untuk menjauh dari kegiatan senang-senang padahal libur mereka terbilang cukup pendek.

12. Bandara LaGuardia

Siapa bilang semua bandara adalah tempat yang ajaib dan menyenangkan? Bagi para pilot, ada satu bandara yang sangat mereka benci, yaitu bandara LaGuardia di New York. Sering diberi julukan LaGarbage alias Tempat Sampah, kabarnya bandara ini sulit dipakai mendarat, selalu ramai, dan penuh makanan tidak enak.

13. Bandara Pegunungan

Meski sudah dilatih untuk berbagai jenis pendaratan, ada satu jenis bandara yang dibenci semua pilot; bandara pegunungan. Memiliki arus angin yang tak menentu dan juga kencang, pendaratan di bandara pegunungan diketahui menjadi pendaratan paling sulit bagi pilot maskapai komersial.

14. Angin Kencang

Sama seperti pendaratan di pegunungan, ada banyak dataran rendah yang selalu berangin kencang. Pilot juga tak suka tempat-tempat semacam ini.

15. Suhu Terlampau Dingin

Bukan cuma penumpang yang tak suka kedinginan di pesawat, pilot pun sama. Meski seringkali tak dianggap sebagai keadaan cuaca ekstrem, suhu terlalu dingin tentunya bisa menjadi hal yang tak nyaman bagi para pilot yang harus fokus mengemudi.

16. Landasan Pendek

Menerbangkan dan mendaratkan pesawat adalah sebuah tugas yang rumit dan butuh ruang. Namun, dengan maraknya pembangunan di era modern ini, ada banyak bandara yang memutuskan untuk memperpendek landasan mereka; sebuah keputusan buruk menurut penilaian para pilot.

17. Landasan Kasar

Tak semua landasan dibangun di atas tanah yang rata dengan aspal yang mulus. Setelah bertahun-tahun digunakan, ada banyak bandara yang memiliki landasan kasar berkat tambalan sana-sini; membuat pendaratan jadi lebih sulit dikendalikan.

18. Jadwal Tidur yang Aneh

Harus terbang ke berbagai tempat dengan zona waktu berbeda, pilot diketahui punya jadwal tidur yang aneh. Kesulitan memiliki jadwal tidur yang tetap dan sering kekurangan tidur, ada banyak pilot yang harus menjalani terapi demi menyelesaikan masalah yang satu ini.

19. Orang Kaya

Percaya atau tidak, para pilot benci dengan orang kaya. Meski tak semua orang kaya menyebalkan, pilot maskapai ternama pasti tak cuma sekali-dua kali bertemu dengan orang kaya yang punya banyak permintaan aneh dan berharap dilayani bak raja.

20. Penumpang Tak Paham Aturan

Pernah dengar atau lihat video pertengakaran penumpang dengan pramugari atau dengan sesama penumpang? Seperti masyarakat dengan akal sehat pada umumnya, pilot benci dengan kejadian seperti ini. Parahnya, mereka hampir selalu harus turun tangan karena dianggap sebagai sosok yang punya kewenangan.

1
4

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini